Perbarani, Aulia Intan (2020) Content analysis of instructional materials: Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) of SMAN 8 Malang / Aulia Intan Perbarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberadaan bahan ajar untuk kegiatan belajar dan mengajar jelas tidak bisa dikesampingkan. Oleh karena itu sebuah analisis atau evaluasi terhadap konten dari sebuah bahan ajar perlu dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar kualitas dari suatu bahan ajar tersebut dapat diketahui di mana kualitas dari bahan ajar akan menentukan kelayakan dari bahan ajar tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi kualitas dari bahan ajar utama yang digunakan di SMAN 8 Malang yaitu UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) KD 3.8 dan 4.8 tentang teks legenda untuk kelas 10 SMA. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah UKBM KD 3.8 dan 4.8 ini memenuhi kriteria dari UKBM yang baik. Penelitian ini menggunakan desain analisis konten. Sumber data untuk penelitian ini adalah UKBM KD 3.8 dan 4.8 dan hasil paduan wawancara terhadap beberapa siswa SMAN 8 Malang yang merupakan pengguna langsung dari UKBM KD 3.8 dan 4.8. Instrumen penelitian ini berupa ceklis evaluasi yang diperoleh dari Pedoman Pengembangan UKBM (2017) dan panduan wawancara yang melibatkan 12 siswa kelas 10. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa UKBM KD 3.8 dan 4.8 dinilai tidak memenuhi kriteria dari UKBM yang bagus Sedangkan hasil dari wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar dari siswa (91.67% dari jumlah total responden) setuju bahwa UKBM KD 3.8 dan 4.8 merupakan bahan ajar yang layak digunakan untuk pembelajaran teks legende karena kegiatan pembelajaran UKBM disusun secara bergradasi dari yang termudah hingga paling sukar sehingga siswa lebih mudah memahami materi. 100% responden juga menyatakan bahwa UKBM KD 3.8 dan 4.8 memiliki tampilan yang menarik desain visual yang bagus serta mendukung pengimplementasian Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran yaitu pembelajaran mandiri dan pembelajaran berbasis kecakapan hidup abad 21. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa meskipun UKBM KD 3.8 dan 4.8 dinilai tidak memenuhi kriteria dari UKBM bagus menurut buku Panduan Pengembangan UKBM (2017) dan perlu direvisi siswa sebagai pengguna langsung dari UKBM KD 3.8 dan 4.8 berpendapat bahwa UKBM KD 3.8 layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah agar penyusun UKBM dapat menggunakan kriteria UKBM yang tertera dalam buku Panduan Pengembangan UKBM (2017) dalam mengembangkan UKBM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |