Developing a magnetic board game to help 8th grade students improve their listening skill on descriptive text / Helmi El Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a magnetic board game to help 8th grade students improve their listening skill on descriptive text / Helmi El Haq

El Haq, Helmi (2020) Developing a magnetic board game to help 8th grade students improve their listening skill on descriptive text / Helmi El Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran non elektronik yang bernama Magnetic Board Game untuk membantu siswa kelas 8 meningkatkan kemampuan menyimak mereka. Media ini awalnya dibuat oleh Maria Taselin seorang guru Bahasa Inggris dari Pasuruan dan saya menggunakan Magnetic Board Game sebagai media yang saya kembangkan dalam penelitian ini karena media ini mampu membantu siswa kelas 8 pada kegiatan menyimak mereka tanpa menggunakan energi listrik. Oleh karena itu saya mengembangkan Magnetic Board Game ini dengan cara memperbaharui beberapa bagian dari media ini sehinggan media ini menjadi media yang lebih mutakhir. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang di kembangkan oleh Borg dan Gall (1989) dan Latief (2017). Ada empat tahapan dalam penelitian ini (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi oleh para ahli dan (4) uji lapangan. Tiga macam instrumen digunakan untuk mengumpulkan data selama penelitian ini yaitu dua kuesioner satu lembar validasi untuk para ahli dan dua wawancara. Kedua kuesioner ini dibuat untuk mendapatkan data dari siswa dan keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Kuesioner pertama digunakan dalam proses analisis kebutuhan dan kuesioner kedua digunakan setelah selesai uji coba media. Lembar validasi ahli berupa checklist dan juga kolom komentar. Lembar validasi ahli ini digunakan untuk mendapatkan tanggapan dari kedua orang ahli mengenai Magnetic Board Game. Kedua orang ahli yang saya pilih untuk memeriksa media ini adalah seorang dosen dan seorang guru bahasa Inggris. Kedua instrumen wawancara digunakan untuk mendapatkan data dari guru kelas dan keduanya memiliki fungsi yang berbeda yang pertama digunakan pada saat analisis kebutuhan dan yang kedua di lakukan setelah uji coba produk. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan situasi pandemi saat penelitian ini dilakukan yang diakibatkan oleh penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu beberapa proses dalam penelitian ini dilakukan sedikit berbeda dari rencana awal dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan aturan baru yang ditetapkan oleh pemerintah. Proses pengambilan data untuk analisis kebutuhan dilakukan di sekolah dan hasilnya menunjukkan bahwa para siswa menginginkan kegiatan menyimak yang di laksanakan menggunakan permainan dan guru kelas juga mengungkapkan bahwa ia harus selalu memasang media elektronik secara manual setiap kali melaksanakan kegiatan menyimak. Proses validasi ahli dilakukan secara online dengan membuat video demonstrasi media dan mengirimkan video beserta lembar validasi melalui email kepada para ahli. Berdasarkan kedua validator produk telah dianggap mampu untuk membantu siswa kelas 8 dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan berikutnya diujicobakan di kelas. Berdasarkan hasil uji coba 100 % siswa menyatakan bahwa mereka suka jika kegiatan menyimak dilakukan dengan bantuan Magnetic Board Game. Guru kelas juga mengatakan bahwa ia puas dengan hasil yang di berikan setelah melaksakan kegiatan menyimak menggunakan media Magnetic Board Game. Hasil akhir dari penelitian ini berupa media pembelajaran dalam bentuk Magnetic Board Game. Ada tiga komponen utama pada permainan ini yaitu papan objek-objek magnet dan kertas berisi teks deskriptif. Terdapat dua topik yang berbeda dalam produk ini Ruang Tamu dan Kamar Tidur dan keduanya memiliki satu set objek-objek magnet dan kertas berisi teks deskriptif yang berbeda. Seluruh komponen dalam produk ini juga tersedia dalam bentuk soft file yang memungkinkan media ini untuk di modifikasi oleh guru bahasa Inggris atau peneliti lanjutan. Guru bahasa Inggris yang tertarik menggunakan media ini sangat disarankan untuk membaca terlebih dahulu dengan seksama instruksi media pembelajaran ini karena di dalamnya sudah termasuk tips dan rekomendasi tentang media ini sehingga mereka dapat memanfaatkan permainan dengan maksimal. Selain itu bagi peneliti lanjutan yang ingin mengembangkan media ini lebih jauh sangat disarankan untuk memperhatikan cara pembuatan beberapa komponen dalam media ini seperti objek-objek magnet dan papan karena kedua komponen tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143226

Actions (login required)

View Item View Item