Developing a card-based game "Voctery World" for the 7th graders' vocabulary mastery / Selsi Selvia - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a card-based game "Voctery World" for the 7th graders' vocabulary mastery / Selsi Selvia

Selvia, Selsi (2020) Developing a card-based game "Voctery World" for the 7th graders' vocabulary mastery / Selsi Selvia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kosakata Bahasa Inggris tidaklah mudah bahkan mampu membuat siswa frustrasi dan ini merupakan tanggung jawab para guru untuk menciptakan suasana nyaman ke dalam pembelajaran (Aslan 2011). Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Voctery World sebuah permainan kartu yang membantu siswa kelas 7 dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Voctery merukan akronim dari Vocabulary Mastery. Permainan berikut bermaksud untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Guru-guru juga dapat memanfaatkan permainan tersebut sebagai media pengajaran dan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini mengimplementasikan model penelitian dan pengembangan oleh Gall dkk. (2007). Akan tetapi tahapan yang terdapat di dalamnya telah dimodifikasi menjadi 6 dikarenakan waktu pelaksanaan yang terbatas (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi oleh para ahli (4) revisi produk (5) uji lapangan dan (6) revisi produk akhir. Instumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu panduan wawancara guru dan kuesioner siswa. Sesi wawancara dan pembagian kuesioner dilaksanakan pada langkah analisis kebutuhan serta setelah melakukan uji lapangan. Terdapat pula lembar validasi para ahli yang berfungsi dalam memvalidasi panduan wawancara guru kuesioner siswa dan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh dosen-dosen Bahasa Inggris yang kompeten dan berpengalaman dalam pengembangan media pengajaran dan pembelajaran. Dalam skala 20 hingga 80 Voctery World memperoleh nilai 67 pada tahap validasi pertama. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa permain kartu ini sangat bagus namun membutuhkan perbaikan. Setelah merevisi beberapa bagian produk Voctery World berhasil mencapai nilai 81 dari skala 22 hingga 88. Hal ini menunjukkan bahwa permainan kartu tersebut layak diuji cobakan dalam pengajaran dan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris untuk siswa kelas 7. Penelitan berikut dilakukan dalam skala kecil yang merupakan akibat dari situasi pandemi virus COVID-19. Oleh sebab itu subjek penelitiannya merupakan siswa-siswa kelas 7 yang mengikuti kelas bibimbingan belajar di Ngarsa Aksara. Uji lapangannya dilaksanakan dua kali. Terbukti bahwa siswa-siswa kelas 7 begitu menyukai permainan kartu ini. Terlihat dari hasil kuesioner setelah uji lapangan yang menyatakan mereka senang belajar kosakata melalui Voctery World. Mereka merasa lebih termotivasi untuk belajar kosakata Bahasa Inggris sebab Voctery World membuat pelajaran tersebut menjadi lebih mudah. Mereka juga mampu mengingat arti dan ejaaan beberapa kata setelah bermain Voctery World. Dapat disimpulkan bahwa Voctery World adalah media pembelajaran yang layak digunakan pada pengajaran dan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Guru-guru sangat disarankan untuk memanfaatkan permainan ini demi menghindari kebosanan di kelas dan meningkatkan motivasi siswa kelas 7 dalam belajar kosakata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143225

Actions (login required)

View Item View Item