ELT students' perceptions of classroom management during teaching practice: difficulties and solutions / Joeang Salsabiltisa De Side - Repositori Universitas Negeri Malang

ELT students' perceptions of classroom management during teaching practice: difficulties and solutions / Joeang Salsabiltisa De Side

Side, Joeang Salsabiltisa De (2020) ELT students' perceptions of classroom management during teaching practice: difficulties and solutions / Joeang Salsabiltisa De Side. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah dan membutuhkan proses yang lama. Keberhasilan belajar tergantung pada kompetensi guru. Hal ini menuntut guru tidak hanya menguasai empat keterampilan bahasa tetapi juga harus unggul dalam kompetensi. Salah satu kompetensi pedagogik yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan kelas yaitu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini seorang guru profesional tidak dapat diakui tanpa adanya persiapan yang memadai melalui praktik. Sulit bagi mahasiswa KPL untuk menyesuaikan diri dengan dengan kurikulum 2013 terutama dengan kondisi ruang kelas besar kompetensi teknologi dan fasilitas di sekolah. Selain menempuh banyak rintangan dalam praktik mengajar mahasiswa KPL akan menemui beberapa kesulitan selama praktik mengajar meski dengan persiapan yang matang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris tentang pengelolaan kelas selama praktik mengajar fokus pada kesulitan dan solusi dalam pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei deskriptif. Pendekatan kuantitatif digunakan sebagai desain penelitian karena melibatkan banyak mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan wawancara. Total responden yang menjawab kuesioner sebanyak 84 mahasiswa. Selain itu terdapat 9 mahasiswa diwawancarai berdasarkan jawaban kuesioner yaitu mereka yang memiliki sedikit kesulitan dalam mengelola kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa KPL Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2016 mengalami banyak kesulitan dalam menetapkan tata tertib dan prosedur di dalam kelas selama praktik mengajar terutama saat kerja kelompok. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa mahasiswa KPL mengalami kesulitan dalam menetapkan aturan dan tata cara kerja kelompok karena ditemukan beberapa siswa yang tidak patuh (83 4%) kesulitan dalam menangani siswa yang tidak mau bekerja dengan temannya ( 67 9%) kesulitan dalam mengakhiri kegiatan belajar mengajar yang melatih kedisiplinan (66 7%) kesulitan dalam menarik minat belajar siswa pada awal pembelajaran (57 1%) dan kesulitan menangani siswa yang mengganggu temannya saat mereka telah menyelesaikan tugasnya (51 2%). Bagi mahasiswa KPL Pendidikan Bahasa Inggris yang akan melakukan praktik mengajar sangat penting untuk memahami dan memperdalam ilmu pengelolaan kelas mengetahui bagaimana cara mengatasi kesulitan tersebut dalam situasi nyata. Mahasiswa KPL atau guru dapat menerapkan beberapa strategi bagaimana melibatkan minat siswa di awal pembelajaran dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti menyanyikan lagu atau video games dan juga mengakhiri proses belajar mengajar dengan melakukan kegiatan refleksi yang melatih kedisiplinan siswa. Mahasiswa KPL perlu memberikan instruksi yang jelas dan mudah dimengerti saat kerja kelompok. Meminta siswa membentuk kelompok secara acak dengan berhitung atau berdasarkan tempat duduk sesuai dengan anggota di belakangnya. Selain itu mahasiswa KPL dapat berkomunikasi dengan siswa tentang masalah kelompok tetapi bertanya terlebih dahulu atau bernegosiasi dengan siswa apakah mereka ingin membuat kelompok sendiri atau dipilih secara acak oleh guru. Untuk ldquo siswa yang mengganggu rdquo mahasiswa KPL dapat memberikan tugas tambahan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan penelitian tentang pandangan mahasiswa KPL selama praktik mengajar terkait dengan pengelolaan kelas. Sehingga calon guru nantinya tahu bagaimana menghadapi berbagai kesulitan di kelas sesuai dengan tipe siswa karena pendidikan dapat berkembang atau berubah seiring berjalannya waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143224

Actions (login required)

View Item View Item