Ningtyas, Happy Prasida (2020) ELT students attitude towards plagiarism in writing argumentative essays / Happy Prasida Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ningtyas Happy Prasida. 2020. ELT Students rsquo Attitudes towards Plagiarism in Writing Argumentative Essays. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Niamika El Khoiri S.Pd. M.A. (II) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. Kata kunci Mahasiswa ELT Sikap Plagiarisme Argumentative Essays Kasus-kasus plagiarisme semakin marak terjadi terutama di lingkungan pendidikan tinggi. Plagiarisme juga dianggap sebagai masalah serius yang telah menjadi bahan diskusi di kalangan akademis. Sebagai EFL learners yang diharuskan untuk menguasai bahasa Inggris melalui kemampuan dasar seperti kemampuan menulis mahasiswa ELT (Pendidikan Bahasa Inggris) memiliki kemungkinan tinggi untuk melakukan tindak plagiarisme dalam menulis. Menulis dalam bahasa Inggris terutama menulis Argumentative essays bukanlah tugas yang mudah bagi para mahasiswa ELT karena kegiatan menulis ini membutuhkan sepaket kompetensi lainnya seperti membaca kemampuan berpikir kritis menguraikan pendapat mengutip menggunakan tanda baca yang tepat ejaan serta kompetensi lainnya. Dalam menulis Argumentative essays mahasiswa ELT memiliki kemungkinan untuk melakukan tindak plagiarisme baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Untuk mencegah sikap yang mungkin dapat memicu para mahasiswa untuk melakukan tindak plagiarisme penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi sikap mahasiswa ELT terhadap plagiarisme dalam menulis Argumentative essays terutama dalam konteks behavioral beliefs normative beliefs dan control beliefs. Penelitian ini menggunakan survei sebagai desain. Subjek penelitian ini adalah 86 mahasiswa ELT yang sedang menempuh mata kuliah Argumentative Writing pada saat pengambilan data dilakukan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online sebagai instrumen utama dan pedoman wawancara yang digunakan untuk mengumpulkan data pendukung. Penelitian ini mengukur tiga aspek yang berdasar pada Theory of Planned Behavior oleh Ajzen dan Fishbein (1993) yaitu behavioral beliefs normative beliefs dan control beliefs. Ketiga aspek ini diukur untuk mengetahui apakah mahasiswa ELT memiliki sikap yang cenderung menerima atau menolak tindak plagiarisme. Pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang dapat mendukung hasil dari kuesioner online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa ELT memiliki sikap menolak atau tidak menerima tindakan plagiarisme dalam menulis Argumentative essays. Penemuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa sikap mahasiswa yang cenderung menerima tindakan plagiarisme ini bisa jadi disebabkan oleh kurang jelasnya informasi dan kebijakan mengenai plagiarisme serta kemampuan mahasiswa ELT sendiri dalam menulis. Meskipun beberapa siswa menunjukkan sikap yang cenderung menerima dan memaklumi tindakan plagiarisme dalam beberapa situasi tertentu penelitian ini telah mengonfirmasi bahwa pada dasarnya para mahasiswa ELT telah paham tentang plagiarisme secara umum. Mereka telah memahami bahwa tindakan plagiarisme adalah tindakan yang tidak baik dan mayoritas berusaha untuk tidak melakukan hal tersebut dalam penulisan esai mereka. Hal ini dapat diasumsikan bahwa beberapa mahasiswa ELT yang menunjukkan sikap menerima tindakan plagiarisme bisa jadi dikarenakan oleh ketidaksadaran mereka dan kurangnya pemahaman mengenai plagiarisme. Kesimpulannya mahasiswa ELT memiliki sikap lebih menolak tindakan plagiarisme dalam menulis Argumentative essays dalam konteks behavioral normative dan control beliefs yang mereka yakini serta beberapa mahasiswa yang menunjukkan sikap menerima cenderung melakukan tindakan plagiarisme secara tidak sengaja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |