Using picture word inductive model (PWIM) to improve junior high school students writing skill in composing descriptive text / Aswan Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Using picture word inductive model (PWIM) to improve junior high school students writing skill in composing descriptive text / Aswan Muhammad

Muhammad, Aswan (2020) Using picture word inductive model (PWIM) to improve junior high school students writing skill in composing descriptive text / Aswan Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang telah dipakai secara global. Maka sangatlah penting bagi siswa untuk menguasai bahasa Inggris. Untuk dapat menguasai Bahasa Inggris terdapat empat keterampilan yang harus dimengerti yaitu berbicara menulis mendengar dan membaca. Diantara keempat keterampilan tersebut keterampilan menulis dianggap yang paling sulit untuk dikuasai. Dalam menyusun kegiatan pembalajaran guru harus mempunyai (apa ) yang efektif dalam mewujudkan kegitan menulis yang lebih mudah. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk membuktikan stategi pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM) dapat meningkatkan keterampilan menulis murid Sekolah Menengah Pertama dalam menyusun Teks Deskriptif. Picture Word Inductive Model adalah model pembelajaran yang berpusat pada proses mendapatkan informasi dan menggunakan gambar berisi benda dan/atau aksi untuk mengambil kata dari kemampuan mendengar dan berbicara siswa. Dengan menggunakan strategi pembelajaran ini siswa mampu memecah gambar kedalam beberapa bagian. Setiap bagian dideskripsikan dengan satu kalimat. Dari kalimat yang telah dibuat siswa dapat menyusun teks deskripsi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SMPN 1 Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Privinsi Jawa Timur. Populasi penelitian adalah 28 siswa kelas VII F. Pre-Test Post-Test kuisioner dan interview digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data.. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada studi pendahuluan hanya terdapat seorang siswa yang lulus Pre-Test. Hal ini sejalan denggan apa yang dikatakann guru Bahasa Inggris kelas VII F bahwa rata-rata kerampilan menulis siswa sangat rendah. Hal ini dapat terjadi karena system Zonasi yang menyebabkan sekolah tidak bisa mendapat murid dengan kemampuan Bahasa inggris yang baik. Adapun kemungkinan siswa kekurangan kosakata karena tidak pernah menggunakan bahasa inggris saat kegiatan pembelajaran. Namun setelah mengaplikasian strategi pembelajaran ada dua puluh siswa (70%) yang lulus dalam Post-Test. Selain itu pada kusioner terdapat 80% tanggapan positif tentang Picture Word Inductive Model. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam mengaplikasikan PWIM (1) menunjukkan siswa gambar hewan (2) membimbing siswa untuk membedah gambar ke dalam beberapa kalimat (3) membimbing siswa untuk membuat teks deskriptif dengan mengggunakan kalimat dari gambar yang telah dibedah (4) menugaskan siswa untuk melakukan langkah (1) (2) dan (3) secara berkelompok (5) pada pertemuan berikutnya siswa ditugaskan untuk melakukan langkah (1) (2) dan (3) secara mandiri. Bagi guru yang menghadapi masalah dalam melaksanakan kegiatan menulis Picture Word Inductive Model (PWIM) dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Strategi ini dapat membuat kegiatan menulis menjadi lebih mudah dan atratktif. Bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut menggunakan strategi pembelajaran ini sangat disarankan untuk menggunakan jenis teks dan media yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143221

Actions (login required)

View Item View Item