Using picture strip story telling to improve the eight graders' speaking skill at SMPN 1 Lolak / Refiana Resti Ardini - Repositori Universitas Negeri Malang

Using picture strip story telling to improve the eight graders' speaking skill at SMPN 1 Lolak / Refiana Resti Ardini

Ardini, Refiana Resti (2020) Using picture strip story telling to improve the eight graders' speaking skill at SMPN 1 Lolak / Refiana Resti Ardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ardini Refiana Resti. 2020. Using Picture Strip Story to Improve 8th Grade Students rsquo of SMPN 1 Lolak rsquo s Speaking Skill. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharyadi M.Pd. (II) Rahmati Putri Yaniafari M.Pd. Kata Kunci Gambar Berbicara Dalam pembelajaran bahasa Inggris salah satu inti dari proses pembelajaran adalah berbicara. Peneliti menemukan bahwa siswa kelas VIII SMPN 1 Lolak menganggap kegiatan berbicara itu membosankan karena mereka hanya mendengarkan instruksi guru atau mungkin harus mengikuti perintah guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa yang memperoleh nilai lebih rendah dari 65 dan nilai tertinggi adalah 70. Sedangkan kriteria keberhasilan dalam bahasa Inggris adalah 70. Terdapat beberapa kendala dalam penerapan keterampilan berbicara tentang bagaimana berbicara dengan benar mengoreksi tata bahasa pengucapan dan bentuk penekanan. 50% siswa merasa malu saat berbicara di depan kelas karena takut melakukan kesalahan. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif sebagai metode penelitian. Ada kolaborasi antara guru dan peneliti. Guru menjadi praktisi di kelas sementara peneliti mengamatinya. Penelitian tindakan kelas memiliki empat langkah. Ada perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Lolak. Ada 21 siswa di kelas. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan cerita bergambar melalui penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan untuk penyampaian materi dan diskusi kelompok. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan hasil tes. Peneliti memberikan tes untuk mengukur kemampuan berbicara siswa. Kemudian membandingkan nilai rata-rata tes untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berbicara siswa atau tidak. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara keterampilan siswa sebelum dan sesudah tindakan. Peneliti menemukan bahwa menggunakan gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Ada peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes adalah 72. 9. Lebih tinggi dari nilai rata-rata sebelum tindakan yaitu 57 4 dan dapat meningkat sebesar 15. 5. Berdasarkan penelitian tentang penggunaan cerita bergambar dalam pembelajaran berbicara peneliti mengajukan beberapa saran kepada guru bahasa Inggris. Guru dapat menggunakan gambar agar siswa lebih tertarik untuk terlibat dalam proses belajar mengajar. Bagi peneliti lain penelitian ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hasil temuan ini diharapkan dapat dijadikan titik awal untuk melakukan penelitian lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143219

Actions (login required)

View Item View Item