An analysis of reading comprehension question based on Barret's taxonomy of an English coursebook entitled bright for eight graders / Rika Vindy Arinda Amalya - Repositori Universitas Negeri Malang

An analysis of reading comprehension question based on Barret's taxonomy of an English coursebook entitled bright for eight graders / Rika Vindy Arinda Amalya

Amalya, Rika Vindy Arinda (2020) An analysis of reading comprehension question based on Barret's taxonomy of an English coursebook entitled bright for eight graders / Rika Vindy Arinda Amalya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku pelajaran memiliki peranan yang signifikan dalam proses pembelajran khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris yaitu untuk meningkatkan keterampilan siswa. Dalam buku pembelajaran terdiri dari beberapa latihan salah satunya adalah soal pemahaman membaca. Terkait dengan kurikulum siswa perlu latihan soal yang mengandung HOTS. Pertimbangan mengenai soal HOTS maka peniliti memilih buku pelajaran yang berjudul ldquo Bright rdquo terbitan dari Erlangga. Buku pelajaran ini memuat berbagai teks pendek yang otentik. Selain itu peneliti menerapkan Taksonomi Barrett karena dikhususkan untuk mengevaluasi pertanyaan pemahaman bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori pertanyaan pemahaman bacaan dan kategori Taksnomi Barrett apa serta frekuensinya yag terdapat dalam buku pelajaran ini. Untuk melakukan penelitian peneliti menggunakan analisis deskriptif. Terdapat empat instrument untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sebagai instrumen utama lembar evaluasi untuk megumpulkan data dan dua checklist untuk menganalisis bentuk pertanyaan dan Taksonomi Barrett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pertanyaan pemahaman bacaan yang paling dominan adalah pertanyaan dalam bentuk WH dengan total 79 pertanyaan. Sedangkan bentuk soal pemahaman bacaan yang paling sedikit adalah soal alternative dengan total 5 soal atau 3.9% dari keseluruhan soal. Selain itu distribusi kategori dan frekuensi Taksnomi Barrett juga tidak seimbang karena terdapat Literal Comprehension (LC) sejumlah 82 pertanyaan dan termasuk dalam LOTS. Distribusi Evaluation (E) adalah 23.3% dari keseluruhan pertanyaan. Inferential Comprehension (IC) terdiri dari 13 pertanyaan sedangkan Reorganization (R) sejumlah dua pertanyaan. Selain kategori lainnya Appreciation (A) adalah kategori yang tidak dominan dengan jumlah satu pertanyaan. Dapat disimpulkan jumlah pertanyaan yang tingkat pemikiran rendah atau lebih tinggi tidak seimbang dalam buku pelajaran ini. Selain itu Bahasa Inggris merupakan bahasa asing bagi pelajar Indonesia. Sehingga pembuatan soal harus direncanakan dengan baik karena secara bertahap mengarahkan siswa untuk meningkatkan proses berpikir hingga di luar konteks bacaan. Penlitian ini memberikan saran untuk penelitian selanjutnya. Berdasarkan temuan dan pembahasan pada bab sebelumnya saran berikut dibuat untuk beberapa kelompok seperti penulis buku pelajaran guru bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Penulis buku pelajaran dapat mempertimbangkan temuan untuk meningkatkan kualitas buku pelajaran. Selain itu guru bahasa Inggris dapat meningkatkan kesadaran akan pertanyaan pemahaman bacaan. Sedangkan peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan di bidang yang sama dapat menggunakan kriteria dalam penelitian ini atau mengembangkan standar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143217

Actions (login required)

View Item View Item