Pengembangan bahan ajar bahasa jawa untuk siswa SMP kelas VIII semester 1 / Zuli Arofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bahasa jawa untuk siswa SMP kelas VIII semester 1 / Zuli Arofah

Arofah, Zuli (2010) Pengembangan bahan ajar bahasa jawa untuk siswa SMP kelas VIII semester 1 / Zuli Arofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa pada tingkat Sekolah Menengah Pertama memuat empat aspek pokok yang meliputi aspek menyimak berbicara membaca dan menulis dengan aspek apresiasi sastra yang terangkum di dalamnya. Keempat aspek ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan sehingga dalam pembelajaran bahasa Jawa harus diajarkan secara berkesinambungan. Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP materi pelajaran dari empat aspek baik menyimak berbicara membaca maupun menulis dianggap kurang dalam segi penyajian waktu belajar dan media belajar. Jam pelajaran yang relatif sedikit yaitu 2 jam pelajaran perminggu mengakibatkan penyampaian materi kurang maksimal. Dari berbagai kondisi tersebut solusi yang ingin ditawarkan adalah bahan ajar yang mampu membantu siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang meliputi aspek pemilihan materi aspek penyajian materi dan aspek bahasa dan keterbacaan sehingga dapat memberikan pengalaman belajar bahasa Jawa yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan pembelajaran menyimak berbicara membaca dan menulis dan mengembangkannya dalam bentuk bahan ajar pada pembelajaran bahasa Jawa di SMP kelas VIII semester 1. Metode pengembangan ini terdiri atas model pengembangan prosedur pengembangan dan uji coba produk yang meliputi desain uji coba subjek coba jenis data instrument pengumpulan data dan teknik analisis data. Model pengembangan ini dirumuskan dengan tahapan analisis pendahuluan analisis kurikulum dan mengkaji kajian teori dan teknik pembelajaran menyimak berbicara membaca dan menulis yang dilanjutkan dengan penyusunan rancangan pembelajaran kemudian menyusun dan menulis draft bahan ajar. Dari metode penelitian yang dikembangkan dihasilkan bahan ajar bahasa Jawa untuk SMP kelas VIII semester 1 yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kemudian dilanjutkan dengan mengujikan bahan ajar kepada dosen Bahasa Jawa Universitas Negeri Malang serta guru bahasa Jawa SMP Negeri 1 Malang. Hasil uji ahli dan guru dijadikan sebagai bahan revisi untuk selanjutnya diujikan kepada siswa SMP Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 1 Srengat sejumlah 20 siswa dari masing-masing sekolah. Uji coba produk dilakukan untuk mendapatkan masukan berupa penilaian komentar dan saran yang relevan sebagai bahan untuk revisi. Dari proses dan hasil pengembangan dihasilkan wujud pengembangan bahan ajar yaitu produk bahan ajar bahasa Jawa SMP keas VIII yang mencakup aspek menyimak berbicara membaca dan menulis. Produk bahan ajar sesuai dengan aspek pemilihan materi meliputi (1) kesesuaian materi dengan kurikulum (2) kesesuaian materi dengan tujuan pendidikan (3) kebenaran materi ditinjau dari segi ilmu bahasa dan ilmu sastra (4) kesesuain materi dengan perkembangan kognitif siswa. Produk bahan ajar sesuai dengan aspek penyajian materi meliputi (1) tujuan pembelajaran (2) penahapan pembelajaran (3) penyajian yang menarik minat dan perhatian siswa (4) kemudahan bahan untuk dipahami siswa (5) keaktifan siswa (6) hubungan antarbahan (7) latihan dan (8) soal. Produk bahan ajar sesuai dengan aspek bahasa dan keterbacaan meliputi (1) penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar (2) penggunaan bahasa yang dapat meningkatkan daya nalar dan daya cipta siswa (3) penggunaan kalimat yang sesuai dengan tingkat penguasaan bahasa siswa dan tingkat kognitif siswa (4) penggunaan paragraf dan (5) ilustrasi visual. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan bahasa Jawa. Dengan menggunakan bahan ajar yang berfungsi sebagai alternatif bahan pembelajaran bahasa Jawa diharapkan pembelajaran bahasa Jawa lebih bermakna dan menarik bagi siswa. Siswa dituntut untuk dapat melaksanakan setiap kegiatan dalam proses menyimak berbicara membaca dan menulis yang ada dalam bahan ajar ini. Bahan ajar ini hanya sebagai alternatif dan bukan satu-satunya bahan pembelajaran yang dapat digunakan sehingga guru bahasa Jawa disarankan dapat memadukan bahan ajar dengan media belajar yang lain sehingga siswa termotivasi dalam belajar bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143194

Actions (login required)

View Item View Item