Efektivitas penggunaan multiteks terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan / Nice Abdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan multiteks terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan / Nice Abdiana

Abdiana, Nice (2010) Efektivitas penggunaan multiteks terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan / Nice Abdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdiana Nice. 2009. Efektivitas Penggunaan Multiteks terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd (II) Drs. Sunoto M.Pd. Kata Kunci multiteks keterampilan membaca kemampuan membaca cepat. Keterampilan membaca mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Oleh karena itu seiring dengan perkembangan tekhnologi informasi tulis seseorang dituntut untuk lebih banyak membaca agar memiliki wawasan yang lebih luas dengan kemampuan membaca cepat yang memadai. Pada hakikatnya kemampuan membaca cepat adalah kemampuan membaca dalam waktu yang relatif singkat dan memiliki pemahaman yang luas terhadap isi teks. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca cepat adalah bahan bacaan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa bahan bacaan yang struktur kalimatnya sama dengan struktur kalimat bahasa lisan yang dikuasai siswa jauh lebih mudah dipahami daripada sebaliknya. Multiteks merupakan bahan bacaan yang disajikan dari berbagai sumber tetapi memiliki topik yang sama dan terdiri atas teks bacaan yang mudah sedang sulit dan sangat sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multiteks terhadap kemampuan membaca cepat. Ada dua aspek yang menandai kemampuan membaca cepat yaitu (1) kecepatan membaca dan (2) kemampuan memahami isi bacaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Jenis desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain control group pre-test and post-test. Peneliti menguji pengaruh multiteks terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas empat data yaitu (1) skor pretes dan postes kecepatan membaca kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (2) skor pretes dan postes pemahaman isi bacaan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (3) skor kecepatan membaca siswa kelompok eksperimen pada perlakuan 1 3 (4) skor kemampuan memahami isi bacaan kelompok eksperimen pada perlakuan 1 3. Langkah-langkah desain eksperimen semu sebagai berikut. Pertama diidentifikasi karakteristik subjek lalu didapat tiga kelas yang memiliki karakteristik relatif sama yaitu sama-sama kelas regular. Kemudian menentukan dua kelompok yang akan dijadikan sampel penelitian. Setelah itu akan diperoleh dua kelompok yang sedapat mungkin memiliki sifat homogen. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sample. Kedua pemberian tes awal (pretes) pada semua subjek untuk mengetahui tingkat kondisi subjek. Hasil tes digunakan untuk melihat perbedaan awal kedua kelompok dalam aspek kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Ketiga pemberian perlakuan berupa latihan membaca cepat menggunakan media multiteks kepada kelompok eksperimen dan perlakuan konvensional tanpa menggunakan media multiteks kepada kelompok kontrol. Data pada perlakuan 1 3 dikelompokkan menjadi 2 aspek yaitu keceptan membaca dan pemahaman isi selanjutnya masing-masing aspek dikelompokkan menjadi 2 kelompok frekuensi siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan rendah. Keempat memberikan tes akhir (postes) kepada kedua kelompok untuk membandingkan hasilnya dalam aspek kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Data hasil postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diolah dengan menggunakan uji-t. Melalui penelitian ini dihasilkan dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama penggunaan multiteks efektif untuk meningkatkan kecepatan membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan. Hal ini terbukti karena terdapat perbedaan yang signifikan hasil postes antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada aspek kecepatan membaca yaitu diketahui thitung 2 858 ttabel 2 001. Berdasarkan hitungan tersebut berarti rerata postes kecepatan membaca siswa kelas eksperimen (367 4667 kpm) lebih tinggi dari rerata postes kecepatan membaca siswa kelas kontrol (233 9667 kpm). Selain itu efektivitas penggunaan media multiteks terhadap kecepatan membaca juga tampak pada grafik perbedaan frekuensi pada kelompok kecepatan membaca tinggi antara perlakuan 1 dan 2 2 dan 3 1 dan 3. Dilihat dari peningkatan frekuensi kecepatan membaca kelompok tinggi dari perlakuan 1 dan 2 2 dan 3 terlihat kenaikan grafiknya tidak begitu signifikan. Akan tetapi apabila dilihat dari frekuensi perlakuan 1 dan 3 maka tampak adanya peningkatan yang signifikan karena jumlah siswa kelompok tinggi pada perlakuan 1 sejumlah 7 siswa meningkat menjadi 14 siswa pada perlakuan 3. Kedua penggunaan multiteks efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan. Hal ini terbukti karena terdapat perbedaan yang signifikan hasil postes antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada aspek kemampuan memahami isi bacaan yaitu diketahui thitung 2 427 ttabel 2 001. Berdasarkan hitungan tersebut berarti rerata postes pemahaman isi bacaan siswa kelas eksperimen (85 0000%) lebih tinggi dari rerata postes pemahaman isi bacaan siswa kelas kontrol (78 3333%). Selain itu efektivitas penggunaan media multiteks terhadap tingkat pemahaman juga tampak pada grafik perbedaan frekuensi pada kelompok tingkat pemahaman tinggi antara perlakuan 1 dan 2 2 dan 3 1 dan 3. Dilihat dari peningkatan frekuensi kemampuan memahami isi bacaan kelompok tinggi dari perlakuan 1 dan 2 2 dan 3 terlihat kenaikan grafiknya tidak begitu signifikan. Akan tetapi apabila dilihat dari frekuensi perlakuan 1 dan 3 maka tampak adanya peningkatan yang signifikan karena jumlah siswa kelompok tinggi pada perlakuan 1 sejumlah 9 siswa meningkat menjadi 23 siswa pada perlakuan 3. Hal-hal yang disarankan setelah penelitian adalah sebagai berikut. Peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan jenis penelitian eksperimen sungguhan sebaiknya menggunakan tes kecepatan membaca dan tes pemahaman isi bacaan untuk menguji validitas instrumen teks bacaan yang digunakan dalam multiteks sebaiknya lebih dikontrol dari segi sumber tingkat kesulitan dan kesamaan topik dan pengukuran tingkat pemahaman siswa sebaiknya menggunakan butir soal pilihan ganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143193

Actions (login required)

View Item View Item