Pengembangan bahan ajar komplementer menulis puisi dalam bentuk verbal dan audio-visual untul siswa SMP/MTs kelas VII / Reni Diah Anggawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar komplementer menulis puisi dalam bentuk verbal dan audio-visual untul siswa SMP/MTs kelas VII / Reni Diah Anggawati

Anggawati, Reni Diah (2010) Pengembangan bahan ajar komplementer menulis puisi dalam bentuk verbal dan audio-visual untul siswa SMP/MTs kelas VII / Reni Diah Anggawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggawati Reni Diah. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Komplementer Menulis Puisi dalam Bentuk Verbal dan Audio-Visual untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs. M. Pd (II) Dra. Hj. Ida Lestari M. Si. Kata kunci pengembangan bahan ajar komplementer menulis puisi verbal dan audio-visual KTSP dikembangkan dan disusun oleh satuan pendidikan atau sekolah sesuai dengan kondisinya masing-masing dengan kurikulum yang berbeda pada tiap sekolah. Dengan demikian bahan ajar yang digunakan juga mempunyai perbedaan. Tidak ada ketentuan tentang buku pelajaran yang dipakai dalam KTSP. Buku yang sudah ada dapat dipakai. Pembelajaran didasarkan pada kurikulum yang dikembangkan sekolah maka bahan ajar harus disesuaikan dengan kurikulum tersebut. Oleh karena itu guru dapat mengurangi dan menambah isi buku pelajaran yang digunakan. Diantara beberapa jenis bahan ajar bahan ajar modul memiliki beberapa kelebihan. Dengan bahan ajar modul siswa dapat mempelajari materi ajar sesuai dengan kemampuannya masing-masing karena dapat dipelajari secara mandiri. Dalam bahan ajar modul terdapat penyajian materi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mempermudah siswa dalam mempelajarinya. Selain itu bahan ajar modul menyajikan rangkuman materi pembelajaran dan sejumlah latihan yang dapat digunakan sebagai alat ukur bagi siswa seberapa jauh mereka menguasai materi pembelajaran. Dengan adanya beberapa kelebihan bahan ajar modul maka peneliti mengembangkan bahan ajar berbentuk modul untuk mengembangkan kemampuan menulis puisi siswa SMP. Namun mengingat dasar penyusunan bahan ajar ini adalah untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial maka diperlukan bahan ajar penunjang yakni CD Interaktif untuk mempermudah siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dalam mempelajari bahan ajar tersebut. Masalah dalam penelitian ini difokuskan pada penyusunan bahan ajar menulis puisi dalam bentuk verbal dan audio-visual (modul dan CD Interaktif) dengan memenuhi kriteria kelayakan isi ketepatan bahasa kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa menggunakan teknik statistik yang mendetail namun hasil yang diperoleh tetap dinyatakan dalam presentase. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek uji coba produk pengembangan bahan ajar terdiri atas tiga kelompok yakni kelompok ahli praktisi dan kelompok siswa. Lokasi uji coba bahan ajar ini dilakukan di SMP Laboratorium UM. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data uji coba produk berupa angket dan wawancara. i ii Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar komplementer menulis puisi dalam bentuk verbal dan audio-visual harus melalui tahap revisi untuk mencapai kriteria penyusunan bahan ajar. Adapun kriteria yang telah terpenuhi dalam bahan ajar ini adalah sebagai berikut. Kelayakan isi bahan ajar berisi materi pembelajaran dan tahapan menulis puisi dengan tingkat kualitas dan kuantitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa SMP/MTs kelas VII. Ketepatan bahasa bahan ajar menggunakan bahasa yang komunikatif dan interaktif. Kelayakan sajian penyajian bahan ajar telah urut dan runtut untuk mempermudah proses belajar siswa. Kelayakan kegrafikan lay out gambar dan jenis tulisan dipilih untuk menambah kemenarikan bahan ajar. Bahan ajar ini telah disusun sedemikian rupa sehingga dalam pemanfaatan akan sangat optimal jika dipergunakan secara bersamaan antara bahan ajar teks dan CD Interaktif. Bahan ajar CD Interaktif nantinya dapat diakses oleh siswa sehingga dapt digunakan kapan saja dan dimana saja dalam mempelajari proses penulisan puisi. Saran-saran yang dapat dikemukakan penulis setelah melaksanakan penelitian ini ditujukan untuk guru penyusun bahan ajar dan peneliti lain. Bahan ajar dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi siswa dan guru dalam menunjang proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas karena sesuai dengan proses penulisan puisi dan merupakan bahan ajar yang menarik dengan memperhatikan kedua aspek tersebut. Penulis bahan ajar lain dapat menjadikan bahan ajar ini sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan materi puisi yang sesuai dan yang mampu mengembangkan kemampuan menulis puisi siswa SMP kelas VII. Latihan-latihan menulis puisi dengan beberapa tahapan sistematis yang sesuai dengan indikator yang terdapat pada bahan ajar ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam penyusunan bahan ajar yang lebih kreatif. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini dapat digunakan peneliti lain sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian pada bidang yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143187

Actions (login required)

View Item View Item