Peningkatan kemampuan menulis berita dengan menggunakan metode TSTS (Two Stay Two Stray) siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Tri Ulfah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis berita dengan menggunakan metode TSTS (Two Stay Two Stray) siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Tri Ulfah Rahmawati

Rahmawati, Tri Ulfah (2010) Peningkatan kemampuan menulis berita dengan menggunakan metode TSTS (Two Stay Two Stray) siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Tri Ulfah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Tri Ulfah. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Menggunakan Metode TSTS (Two Stay Two Stray) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suyono M.Pd. (II) Drs. Sunoto M.Pd. Kata kunci menulis berita metode TSTS (Two Stay Two Stray) pembelajaran menulis. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII SMP adalah menulis berita dengan singkat padat dan jelas. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya permasalahan yaitu (1) siswa belum mampu menulis judul dengan baik (2) siswa belum mampu menulis berita secara lengkap (masih terdapat unsur-unsur berita yang belum tercantum) (3) siswa belum mampu menulis teks berita dengan aspek kebahasaan yang baik dan (5) siswa belum mampu menulis teks berita dengan pengorganisasian isi berita yang baik. Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis berita dengan menggunakan metode TSTS (Two Stay Two Stray) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Tujuan khususnya yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis berita dilihat dari aspek judul berita organisasi isi berita teras berita tubuh berita dan kebahasaaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode TSTS (Two Stay Two Stray) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Malang. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis berita siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode TSTS (Two Stay Two Stray). Hal ini ditandai oleh adanya peningkatan hasil kerja siswa pada siklus I ke siklus II. Rata-rata kemampuan siswa sebesar 80 56% pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94 45%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143183

Actions (login required)

View Item View Item