Penggunaan strategi pemetaan konsep untuk meningkatkan keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas VIIb SMPN 8 Malang / Ike Dina Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi pemetaan konsep untuk meningkatkan keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas VIIb SMPN 8 Malang / Ike Dina Fitriani

Fitriani, Ike Dina (2010) Penggunaan strategi pemetaan konsep untuk meningkatkan keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas VIIb SMPN 8 Malang / Ike Dina Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dina Fitriani Ike.2010. Penggunaan Strategi Pemetaan Konsep untuk Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VIIB SMPN 8 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suyono M.Pd (II) Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata kunci strategi pemetaan konsep keterampilan berbicara pembelajaran bercerita Keterampilan berbahasa yang sangat penting peranannya dalam upaya melahirkan generasi masa depan yang cerdas kritis kreatif dan berbudaya salah satu adalah keterampilan berbicara. Berbicara adalah bentuk komunikasi verbal yang dilakukan oleh pikiran. Dalam proses belajar-mengajar setiap siswa harus mengasah kemampuannya dalam berbicara karena setiap aktivitas belajar mengajar memerlukan komunikasi yang baik antara guru dengan siswa dan antarsiswa. Untuk merealisasikan peningkatan berbicara tersebut diperlukan teknikteknik tertentu yang harus dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berbicara merupakan salah satu aspek yang penting dibelajarkan kepada siswa karena berbicara melibatkan kegiatan produktif siswa dalam menyampaikan ujaran secara lisan sehingga menjadi bahan pertimbangan bagi guru tentang arti pentingnya penggunaan strategi di kelas dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penggunaan strategi memiliki arti penting sebagai variasi pembelajaran dengan tujuan siswa dapat mengikuti aktivitas pembelajaran di kelas dengan menyenangkan dan tidak membosankan. Kesimpulannya kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dilatihkan kepada siswa. Oleh karena itu salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIIB SMPN 8 Malang peneliti menggunakan strategi pemetaan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas VIIB SMPN 8 Malang pada aspek kelengkapan isi ketepatan bahasa kelancaran berbicara dan alur cerita dengan strategi pemetaan konsep. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMPN 8 Malang dengan jumlah siswa 43 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Alur penelitian meliputi (1) identifikasi awal (2) studi pendahuluan (3) perencanaan tindakan (4) pelaksanaan tindakan (5) pengamatan dan (6) refleksi. Adapun data penelitian ini meliputi data proses dan dan hasil. Data proses merupakan hasil pengamatan pencatatan lapangan dan hasil wawancara terkait proses pembelajaran. Data hasil merupakan hasil tes menceritakan pengalaman pribadi siswa. Berdasarkan hasil analisis data proses tindakan yang telah dilaksanakan pada siklus I dan II dapat dideskripsikan pembelajaran dengan strategi pemetaan konsep dalam pembelajaran menceritakan pengalaman pribadi yaitu diawali ii dengan menentukan topik menyusun peta konsep mengembangkan konsep menjadi cerita yang utuh penampilan bercerita ke depan kelas dan refleksi. Proses pembelajaran juga mengalami peningkatan. Selama proses pembelajaran dari tahap pendahuluan tahap inti sampai tahap penutup. Pada saat studi pendahuluan siswa terlihat masih kurang antusias dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pada saat siklus I siswa cukup antusias mengikuti pembelajaran dan pada siklus II siswa terlihat sangat cukup antusias mengikuti setiap tahap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis proses pembelajaran dan hasil evaluasi yang telah dilakukan peneliti pada bab IV setelah diterapkannya strategi pemetaan konsep aspek kelengkapan isi siklus I telah mencapai 75% nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 15 siswa 3 sebanyak 28 siswa dan 1 sebanyak 0 siswa sedangkan hasil pada siklus II meningkat mencapai 100% nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 16 siswa 3 sebanyak 27 siswa dan 1 sebanyak 0 siswa. Dari aspek kebahasaan hasil pada siklus I nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 1 siswa 3 sebanyak 42 siswa dan 1 sebanyak 0 siswa sedangkan hasil pada siklus II nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 9 siswa 3 sebanyak 34 siswa dan 1sebanyak 0 siswa. Hal ini terlihat jelas pada siklus I yang mendapat skor 4 sebanyak 1 siswa setelah dilakukan siklus II mencapai 9 siswa. Aspek kelancaran berbicara hasil pada siklus I nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 10 siswa 3 sebanyak 29 siswa dan 1 sebanyak 4 siswa pada hasil siklus II nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 14 siswa 3 sebanyak 29 siswa dan 1 sebanyak 0 siswa. Hal ini terlihat jelas siklus I yang mendapat skor 4 sebanyak 10 siswa setelah diperankan mencapai 14 siswa dan yang mendapat skor 1 sebanyak 4 siswa setelah siklus II menjadi 0 siswa. Aspek alur cerita hasil pada siklus I nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 4 siswa 3 sebanyak 37 siswa dan 1 sebanyak 2 siswa sedangkan hasil pada siklus II nilai siswa yang mendapat skor 4 sebanyak 14 siswa 3 sebanyak 29 siswa dan 1 sebanyak 0 siswa. Hal ini terlihat jelas pada siklus I yang mendapat skor 4 sebanyak 4 siswa setelah siklus II mencapai 14 siswa dan yang mendapat skor 1 sebanyak 2 siswa setelah siklus II menjadi 0 siswa. Terkait dengan penerapan strategi pemetaan konsep disarankan kepada guru bahasa Indonesia penelitian ini memberikan suatu pandangan baru bagi guru sebagai praktisi pendidikan di instansi pendidikan bersangkutan mengenai model yang berkenaan dengan strategi pengajaran di kelas sehingga bisa menjadi alternatif untuk menanggulangi permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran keterampilan bercerita. Kepada peneliti lanjutan temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan sebagai bahan refleksi untuk mengembangkan hasil penelitian. Dengan tujuan sebagai langkah penyempurnaan penerapan strategi pemetaan konsep dalam berbagai kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dan bidang ilmu lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143175

Actions (login required)

View Item View Item