Affriyanti, Masfufa (2010) Peningkatan kemampuan membaca cepat dengan menggunakan teknik quick on the draw siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Masfufa Affriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Affriyanti Masfufa. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Teknik Quick on The Draw Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd (II) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. Kata Kunci teknik Quick on The Draw pembelajaran membaca kecepatan membaca. Pembelajaran membaca mempunyai peranan penting dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Adanya pembelajaran ini diharapkan siswa mampu menguasai keterampilan membaca. Salah satunya adalah siswa belum mampu membaca cepat untuk menyimpulkan isi teks bacaan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa tingkat membaca cepat siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan tersebut salah satunya diduga faktor teknik pembelajaran yang digunakan guru masih belum bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan membaca cepat tersebut diberikan solusi dengan menggunakan teknik quick on the draw. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa dengan menggunakan teknik quick on the draw (2) meningkatkan kemampuan siswa meyimpulkan isi teks bacaan dengan menggunakan teknik quick on the draw dan (3) meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa dalam menemukan ide pokok dengan menggunakan teknik quick on the draw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini digunakan kartu berkarakter sebagai media pembelajaran dan Quick on The Draw sebagai strategi pembelajarannya. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri atas pendahuluan inti penutup dan refleksi. Pengambilan data siklus 1 dilakukan pada tanggal 20 November 2009 dan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 24 November 2009. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dengan pedoman observasi wawancara dengan pedoman wawancara angket pembelajaran dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa hasil membaca cepat siswa setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan teknik quick on the draw terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes kecepatan membaca prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 175 kpm atau 12 82% dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 213 kpm atau 20 51%. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 7 69%. Pada hasil tes pemahaman ide pokok prasiklus sebesar 12 82% dan pada siklus 1 sebesar 33 34%. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 20.52%. Pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas untuk tes membaca cepat sebesar 298 kpm atau 87 18%. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 66 67%. Untuk tes pemahaman ide pokok diperoleh nilai ratarata sebesar 87 18%. Hal ini juga menunjukkan adanya peningkatan sebesar 53 84% dari siklus I. Proses pembelajaran membaca cepat juga membawa dampak pada perubahan tingkah laku siswa pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil data nontes siklus I masih tampak siswa yang kurang aktif saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus 2 siswa menjadi lebih aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa teknik quick on the draw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca cepat. Hal itu dapat dilihat dari penggunaan teknik quick on the draw yang mampu meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman siswa. Selain itu peningkatan membaca cepat dengan teknik quick on the draw dapat dilihat dari keaktifan dan kesungguhan siswa selama mengikuti proses pembelajaran membaca cepat. Saran yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia kiranya dapat memanfaatkan teknik quick on the draw sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran membaca cepat. Untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang inovatif dan kreatif kepada Kepala SMPN 4 Malang disarankan agar memberikan dukungan kepada guru untuk mengembangkan teknik pembelajaran yang lebih variatif dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah. Kepada peneliti lain dapat melakukan penelitian tentang peningkatan membaca cepat dengan menggunakan teknik lain agar lebih bervariasi dan kecepatan membaca siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |