Purwa, Deputy Yendhika (2015) Perancangan media pembelajaran materi listening bahasa Inggris berbasis multimedia untuk siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Nganjuk / Deputy Yendhika Purwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purwa Deputy Yendhika. 2014. Perancangan Media Pembelajaran Listening Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Nganjuk. Skripsi Jurusan Seni Desain FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. Kata Kunci Multimedia Listening Bahasa Inggris. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk menyerap materi listening. Karena itu diperlukan media yang inovatif serta lebih menarik dalam mengajarkan bahasa Inggris dalam aspek listening. Dalam lingkup Desain Komunikasi Visual solusi yang ditawarkan adalah multimedia. Listening bahasa Inggris merupakan salah satu aspek dari 4 aspek pengajaran bahasa Inggris. Aspek listening ini dipilih karena dianggap aspek yang paling perlu memerlukan inovasi untuk mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan multimedia yang inovatif dan lebih menarik bagi siswa. Model Perancangan yang digunakan adalah model perancangan Pranata karena memiliki langkah kerja yang lebih dekat dengan proses perancangan multimedia. Proses ini diawali dengan perumusan latar belakang masalah penetapan tujuan pengidentifikasian dan penganalisisan data sintesis sehingga hasilnya akan dijadikan konsep perancangan multimedia ini. Produk yang dihasilkan berupa multimedia tentang listening bahasa Inggris. Multimedia ini disajikan dalam bentuk CD lengkap dengan label dan cover CD. Hasil dari perancangan menunjukkan bahwa multimedia listening bahasa Inggris ini dapat menjadi solusi alternatif untuk memberikan suasana baru dalam belajar bahasa Inggris. Multimedia listening bahasa Inggris nantinya diaplikasikan kepada siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Nganjuk dengan bantuan para guru dan piranti yang diperlukan untuk memuat media ini. Produk hasil perancangan direkomendasikan untuk direalisasikan baik secara komersial maupun non-komersial sedangkan proses pendekatan ilmiah perancangan direkomendasikan sebagai bahan acuan maupun perbandingan bagi perancang lainnya untuk membuat perancangan sejenis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |