Peningkatan kemampuan menarasikan teks hasil wawancara dengan menggunakan metode mind mapping siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep / Kusmellyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menarasikan teks hasil wawancara dengan menggunakan metode mind mapping siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep / Kusmellyati

Kusmellyati (2010) Peningkatan kemampuan menarasikan teks hasil wawancara dengan menggunakan metode mind mapping siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep / Kusmellyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan Mengubah Teks Hasil Wawancara Narasi dan Metode Mind Mapping Menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam seluruh proses belajar yang dialami siswa selama menuntut ilmu sekolah. Dengan tulisan mereka dapat mengungkapkan berbagai informasi pengetahuan dan gagasan yang mereka miliki. Dengan banyaknya latihan pembelajaran menulis diharapkan keterampilan siswa dalam menulis bisa lebih meningkat. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran menulis yang menarik bagi siswa untuk memaksimalkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis. Berdasarkan observasi awal diperoleh suatu gambaran bahwa pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi yang dilakukan oleh guru masih cenderung teacher centered. Guru masih memiliki peran dominan dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan siswanya. Pada umumnya proses pembelajaran Bahsa Indonesia di kelas masih menggunakan metode yang konvensional seperti ceramah Tanya jawab atau mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) sehingga seringkali belajar dan proses belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan dari sudut pandang siswanya siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru masih kurang menarik sehingga siswa merasa jenuh malas dan tidak terangsang untuk aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menarasikan teks hasil wawancara dengan menggunakan Mind Mapping siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Kemampuan menarasikan teks hasil wawancara adalah kemampuan dialog dalam teks hasil wawancara menjadi sebuah cerita dengan mengubah kalimat langsung menjadi kalimat taklangsung. Metode Mind Mapping merupakan sebuah metode yang dimaksudkan untuk membentu siswa dalam pembelajaran mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi. Langkah pertama yang harus dilakukan terkait dengan pembelajaran menarasikan teks wawancara dalam metode ini yaitu memetakan ide atau gasasan yang terdapat dalam teks hasil wawancara. Kemudian pokok-pokok penting yang terdapat dalam teks hasil wawancara tersebut ditulis dalam lingkaran-lingkaran kecil yang dihubungkan oleh cabang-cabang dari lingkaran ide atau gagasan. Setelah Mind Mapping terbentuk barulah siswa melanjutkan dengan membuat kerangka karangan berdasarkan Mind Mapping. Hal tersebut dimaksudkan agar karangan yang dibuat lebih lengkap dan rinci. Masing-masing ide tersebut dijabarkan siswa menjadi penjabaran yang lebih jelas dan lengkap. Langkah yang terakhir adalah mengembangkan kerangka karangan menjadi narasi. Melalui pembuatan Mind Mapping dan kerangka karangan maka siswa dapat mengikat ide sehingga menghasilkan tulisan narasi yang tepat lengkap dan terstruktur. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini meliputi dua tahap yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan (4) observasi dan evaluasi dan (5) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pemerolehan skor siswa. Pada siklus I presentase kemampuan siswa dalam memetakan ide atau gagasan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 4 2 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa mencapai 5. Pada tahap mengembangkan ide atau gagasan yang terdapat dalam teks hasil wawancara menjadi kerangka karangan narasi siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh yakni 4 2 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa mencapai 5 3. Sedangkan pada kemampuan menarasikan teks wawancara dilihat dari aspek ketepatan isi pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 2 6 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa mencapai 2 8. Pada kemampuan menarasikan teks hasil wawancara pada aspek kelengkapan isi rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 2 6 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 2 8. Pada aspek keruntutan isi narasi rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 2 5 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh adalah 2 8. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri Ambunten Kabupaten Sumenep dalam menarasikan teks hasil wawancara pada matapelajaran Bahasa Indonesia. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata siswa tiap siklus yang meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143165

Actions (login required)

View Item View Item