Pengembangan bahan ajar bahasa jawa untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester 2 / Indah Masyruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bahasa jawa untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester 2 / Indah Masyruroh

Masyruroh, Indah (2010) Pengembangan bahan ajar bahasa jawa untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester 2 / Indah Masyruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar bahasa Jawa kebahasaan kesastraan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan bahasa Jawa memuat kompetensi yang bertujuan agar siswa dapat menguasai pengetahuan keterampilan dan sikap dalam berbahasa bersastra dan berbudaya Jawa. Penelitian pengembangan bahan ajar bahasa Jawa ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Jawa yang sesuai dengan aspek pemilihan materi bahasa Jawa aspek penyajian materi bahasa Jawa dan aspek bahasa Jawa sehingga memudahkan siswa dalam belajar bahasa Jawa sehingga tujuan dan fungsi KTSP bahasa Jawa dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang bersifat deskripstif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan pembelajaran menyimak berbicara membaca dan menulis yang dikembangkan dalam bentuk bahan ajar pada pembelajaran bahasa Jawa untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester 2. Metode pengembangan ini terdiri atas model pengembangan prosedur pengembangan dan uji coba produk. Berdasarkan proses dan hasil pengembangan dihasilkan wujud pengembangan bahan ajar yaitu bahan ajar bahasa Jawa untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester 2 yang terdiri atas empat bagian dan mencakup empat keterampilan berbahasa dan bersastra. Produk bahan ajar sesuai aspek pemilihan materi bahasa Jawa meliputi (1) kesesuaian materi dengan kurikulum (2) kesesuaian materi dengan segi tujuan pendidikan (3) kebenaran materi dilihat dari ilmu bahasa dan ilmu sastra dan (4) kesesuaian materi pokok dengan perkembangan kognitif siswa. Produk bahan ajar sesuai aspek penyajian materi bahasa Jawa meliputi (1) tujuan pembelajaran (2) penahapan pembelajaran (3) penyajian yang menarik minat dan perhatian siswa (4) kemudahan bahan untuk dipahami siswa (5) keaktifan siswa (6) hubungan antarbahan (7) latihan dan (8) soal. Produk bahan ajar sesuai aspek bahasa Jawa meliputi (1) penggunaan bahasa yang baik dan benar (2) penggunaan bahasa yang dapat meningkatkan daya nalar dan daya cipta siswa (3) penggunaan struktur kalimat yang sesuai dengan tingkat penguasaan bahasa dan tingkat peerkembangan kognisi siswa (4) penggunaan paragraf dan (5) penggunaan ilustrasi visual. Ketiga aspek tersebut diukur berdasarkan instrumen penilaian yang dilakukan kepada ahli guru dan siswa dan masing-masing instrumen dibedakan berdasarkan subjek uji coba. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan pembelajaran bahasa Jawa. Hasil bahan ajar dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pembelajaran bahasa Jawa sehingga diharapkan pembelajaran bahasa Jawa lebih menarik dan tujuan pembelajaran bahasa Jawa dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143163

Actions (login required)

View Item View Item