Analisis kesusaian pelatihan-pelatihan dalam buku teks 'Komponen berbahasa Indonesia untuk SMA kelas XI oleh Drs. Mafrukhi, M.Pd. dkk terbitan Erlangga' dengan keterampilan berbahasa / Alfi Shofia Jawahiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesusaian pelatihan-pelatihan dalam buku teks 'Komponen berbahasa Indonesia untuk SMA kelas XI oleh Drs. Mafrukhi, M.Pd. dkk terbitan Erlangga' dengan keterampilan berbahasa / Alfi Shofia Jawahiroh

Jawahiroh, Alfi Shofia (2010) Analisis kesusaian pelatihan-pelatihan dalam buku teks 'Komponen berbahasa Indonesia untuk SMA kelas XI oleh Drs. Mafrukhi, M.Pd. dkk terbitan Erlangga' dengan keterampilan berbahasa / Alfi Shofia Jawahiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesesuaian pelatihan buku teks keterampilan berbahasa Pelatihan dalam buku teks digunakan sebagai parameter untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi. Kompetensi tersebut tertuang dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar. Kompetensi yang dicapai siswa meliputi empat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Keterampilan berbahasa tersebut bukan hanya digunakan untuk melatih kemahiran berbahasa Indonesia siswa tetapi juga kemahiran dalam bersastra Indonesia. Salah satu sarana untuk menunjang kelancaran pembelajaran adalah buku teks. Berdasarkan uraian di atas dalam penelitian ini dibahas mengenai pelatihan dalam sebuah buku teks. Buku teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI oleh Drs. Mafrukhi M. Pd. dkk. Terbitan Erlangga . Permasalahan yang dibahas adalah kesesuaian pelatihan dengan sasaran pelatihan keterampilan berbahasa. Penelitian ini menitikberatkan pada kesesuaian pelatihan yang ada dalam buku teks tersebut dengan empat aspek keterampilan berbahasa. Oleh karena itu penelitian ini berjudul Kesesuaian Pelatihan-Pelatihan dalam Buku Teks Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI oleh Drs. Mafrukhi M. Pd dkk. Terbitan Erlangga dengan Keterampilan Berbahasa. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk pelatihan yang terdapat dalam buku teks tersebut (2) mendeskripsikan kesesuaian pelatihan dalam buku teks dengan sasaran pelatihan keterampilan berbahasa dan (3) mendeskripsikan kesesuaian pelatihan berdasarkan tujuan pembelajaran tiap unit dalam buku teks. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Deskriptif berarti mendeskripsikan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini sedangkan evaluatif berarti menggunakan standar tertentu sebagai tolak ukur untuk meneliti permasalahan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) deskripsi bentuk-bentuk pelatihan dalam buku teks (2) deskripsi kesesuaian pelatihan dalam buku teks dengan sasaran pelatihan keterampilan berbahasa dan (3) deskripsi kesesuaian pelatihan berdasarkan tujuan pembelajaran tiap unit dalam buku teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk pelatihan yang digunakan dalam buku teks Kompeten Berbahasa Indonesia adalah pelatihan subjektif dan pelatihan objektif. ii Pelatihan subjektif dalam buku teks tersebut berupa esei atau uraian melengkapi kalimat yang rumpang pertanyaan dengan menggunakan kata tanya dan pertanyaan dengan jawaban pendek. Pelatihan objektif dalam buku teks berupa pilihan ganda pelatihan menjodohkan dan pelatihan benar-salah (B/S) (2) pelatihan-pelatihan dalam buku teks tersebut sesuai dengan keterampilan berbahasa hal tersebut disebabkan pelatihan-pelatihan dalam buku teks sesuai dengan sasaran pelatihan keterampilan berbahasa dan (3) pelatihan tersebut juga sesuai dengan tujuan pembelajaran tiap unit sebab dalam tujuan pembelajaran terdapat berbagai macam kegiatan dan pelatihan yang menyertai kegiatan tersebut. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pelatihan-pelatihan dalam BTBI yang diteliti sesuai dengan keterampilan berbahasa. Kesesuaian pelatihan dalam buku teks dengan keterampilan berbahasa terletak pada kesesuaian pelatihan dengan sasaran pelatihan keterampilan berbahasa. Sasaran pelatihan adalah pencapaian kompetensi siswa melalui sebuah tes. Saran yang bisa diberikan dari hasil penelitian ini adalah (1) bagi peyusun buku teks BTBI agar menyusun buku teks dengan beragam bentuk pelatihan menyesuaikan pelatihan tersebut dengan keterampilan berbahasa dan tujuan pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam mencapai kompetensi (2) bagi guru bidang studi orang tua dan siswa agar lebih selektif dalam memilih buku teks yang digunakan dan (3) bagi peneliti lain agar meneliti permasalahan lain yang berkaitan dengan buku teks bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143155

Actions (login required)

View Item View Item