Analisis materi tata bahasa pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dalam buku teks bahasa Indonesia: Introduction to Indonesian Language and Culture, volume one, karangan Yohanni Johns / Nesti Intan Mawardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis materi tata bahasa pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dalam buku teks bahasa Indonesia: Introduction to Indonesian Language and Culture, volume one, karangan Yohanni Johns / Nesti Intan Mawardhani

Mawardhani, Nesti Intan (2010) Analisis materi tata bahasa pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dalam buku teks bahasa Indonesia: Introduction to Indonesian Language and Culture, volume one, karangan Yohanni Johns / Nesti Intan Mawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis materi tata bahasa BIPA buku teks BIIILC Berbagai lembaga BIPA telah menyebar di dalam dan di luar negeri sehingga banyak warga asing yang jauh-jauh datang ke Indonesia hanya untuk belajar Bahasa Indonesia. Apa pun tujuan belajar mereka mereka memerlukan buku teks yang dapat dipakai sebagai panduan untuk belajar atau mengulang pelajaran yang telah mereka dapatkan di kelas. Demikian pula dalam pembelajaran BIPA peran buku teks sangat penting dalam upaya pembelajaran tersebut. Untuk itu perlu dipilih buku teks yang sesuai dengan pembelajaran BIPA. Salah satu aspek yang dipelajari oleh pebelajar asing adalah tata bahasa.Tata bahasa merupakan alat bantu dalam kegiatan belajar bahasa. Kehadiran tata bahasa dimaksudkan untuk mempercepat dan memperlancar proses penguasaan suatu bahasa. Untuk itu materi tata bahasa perlu diajarkan sejak awal pembelajaran BIPA. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan materi tata bahasa dalam buku teks Bahasa Indonesia Introduction to Indonesian Language and Culture Volume One karangan Yohanni Johns berupa (1) jenis materi tata bahasa (2) urutan penyajian materi tata bahasa (3) ragam latihan materi tata bahasa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data berupa paparan bahasa dalam buku teks. Adapun rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Oleh karena itu instrumen yang dipakai adalah peneliti sendiri peneliti sebagai instrumen kunci melakukan klasifikasi dan analisis data dengan menggunakan panduan berupa panduan analisis buku teks. Dari hasil analisis data diperoleh hal-hal sebagai berikut. 1) Jenis materi tata bahasa dalam buku teks Bahasa Indonesia Introduction to Indonesian Language and Culture Volume One karangan Yohanni Johns meliputi morfologi dan sintaksis. (1) Morfologi (tata bentuk) meliputi (a) penggunaan kata berimbuhan (awalan/ prefiks akhiran/ sufiks konfiks dan gabungan imbuhan) (b) penggunaan kata ulang/ reduplikasi. (2) Sintaksis (tata kalimat) meliputi (a) kata ganti/ pronomina (b) kalimat aktif dan pasif (c) penggunaan kalimat tanya (d) kalimat perintah (e) penggunaan keterangan waktu (f) negasi dengan bukan jangan dan tidak (g) pemakaian yang yang berarti which whoose those (h) kalimat pernyataan (i) kalimat ajakan (j) pengenalan kata bilangan (k) kata tunjuk (l) kalimat ekslamatif/ seruan (m) penggunaan konjungsi (n) kalimat ajakan (o) kalimat langsung dan tidak langsung dan ( p) kalimat perbandingan 2) Buku teks Bahasa Indonesia Introduction to Indonesian Language and Culture Volume One karangan Yohanni Johns memiliki urutan materi tata bahasa secara keseluruhan disajikan dalam 18 chapter yakni Chapter 1-18. Urutan penyajian materi tata bahasa mulai Chapter 1-18 secara bertahap berkelanjutan. Disajikan secara bertahap yakni melalui dari bentuk sederhana bentuk kompleks sampai dengan bentuk-bentuk yang rumit. Kemudian secara berkelanjutan yaitu memperhatikan hubungan bentuk-bentuk yang terdahulu dengan bentuk-bentuk yang disajikan pada chapter berikutnya. Pada Chapter 1 merupakan pengenalan pada tata bunyi Chapter 7 dan 12 disajikan bentuk latihan-latihan lanjut dari chapter-chapter yang lain sedangkan Chapter 18 merupakan pengembangan latihan dari Chapter 7 dan 12. Chapter yang lain disajikan materi-materi dan ii beberapa latihan materi. Sajian Chapter 1-18 merupakan himpunan materi tata bahasa yang disusun secara komulatif. Namun pada kenyataannya belum menunjukkan himpunan yang komprehensif. Artinya masih banyak materi tata bahasa yang belum disajikan untuk memenuhi tuntutan kelengkapan setiap komponen materi tata bahasa. Hal ini dapat dipahami dari perspektif penyusunnya yang bukan penutur asli bahasa Indonesia sehingga acuan tata bahasa yang digunakan sedikit banyak dipengaruhi oleh tata bahasa Bahasa Inggris (bahasa pertama penulis) 3) Buku teks Bahasa Indonesia Introduction to Indonesian Language and Culture Volume One terdapat latihan materi tata bahasa yang beragam. Latihan materi tata bahasa tersebut meliputi (1) latihan mengganti kata (subtitution drill) meliputi single subtitution drill multiple subtitution drill mixed subtitution drill (2) mengubah bentuk latihan (transformation drill) (3) menjawab pertanyaan (response drill) (4) menerjemahkan ke bahasa indonesia (translate drill) (5) soal rumpang (test close) (6) mengubah kata dalam kalimat dengan tepat (correct test) dan (7) mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif. Terdapat bentuk latihan khusus terutama pada Chapter 18 Development Exercises yaitu merupakan latihan-latihan yang berupa assassement dan reflection yang dikembangkan dari semua materi yang pernah disajikan pada chapter-chapter sebelumnya. Latihan ini dimaksudkan untuk mengukur pemerolehan secara runtut dan komprehensif. Berdasarkan penelitian tentang jenis urutan dan latihan materi tata bahasa dalam buku teks Bahasa Indonesia Introduction to Indonesian Language and Culture Volume One karangan Yohanni Johns maka disarankan kepada pengajar dan peserta program BIPA dapat memperhatikan berbagai temuan yang ada dan memanfaatkan berbagai catatan penting terutama yang berkaitan dengan cakupan materi morfologi sintaksis dan urutan latihan yang diberikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) terutama pada pemilihan materi tata bahasa dan latihannya. Disadari bahwa analisis dalam penelitian ini terbatas pada 3 aspek kajian saja yakni jenis urutan dan latihan. Oleh sebab itu tentunya masih banyak aspek lain yang diteliti misalnya tingkat kesulitan dan keluasan materi. Untuk itu kepada peneliti selanjutnya disarankan dapat menelaah aspek-aspek yang belum diteliti tersebut sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143152

Actions (login required)

View Item View Item