Peningkatan keterampilan membaca indah puisi dengan teknik creative reading pada siswa kelas VII SMPN 8 Kediri / Ana Mariatul Kiftiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca indah puisi dengan teknik creative reading pada siswa kelas VII SMPN 8 Kediri / Ana Mariatul Kiftiyah

Kiftiyah, Ana Mariatul (2010) Peningkatan keterampilan membaca indah puisi dengan teknik creative reading pada siswa kelas VII SMPN 8 Kediri / Ana Mariatul Kiftiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca indah puisi teknik creative reading pembelajaran Pembelajaran membaca indah puisi dengan menggunakan irama volume suara mimik kinesik yang sesuai dengan isi puisi sudah diajarkan kepada siswa kelas VII SMPN 8 Kediri. Berdasarkan studi pendahuluan masalah yang muncul pada aspek proses pembelajaran membaca indah puisi adalah (1) pembelajaran membaca indah puisi kurang menumbuhkan minat siswa dalam membaca indah puisi (2) guru belum memiliki teknik yang tepat untuk membelajarkan membaca indah puisi (3) siswa memiliki kesulitan dalam memahami serta mengekspresikan isi puisi secara kreatif (4) siswa tidak diberi pelatihan khusus oleh guru dalam membaca indah puisi dan (5) siswa belum diberikan contoh oleh guru tentang cara membaca indah puisi secara baik dan benar. Masalah yang muncul pada aspek hasil membaca indah puisi adalah kurangnya kepercayaan diri dan pemahaman mengenai isi puisi yang menyebabkan siswa kurang optimal dalam mengekspresikan isi puisi. Oleh karena itu permasalahan tersebut diatasi dengan penerapan teknik creative reading yang dapat memotivasi siswa untuk mau menyalurkan imajinasi dan kreativitas dalam mengekspresikan isi puisi sehingga isi puisi dapat dipahami oleh pembaca dan ditangkap oleh audien dengan lebih mudah dan mendalam. Masalah penelitian adalah bagaimana meningkatkan keterampilan membaca indah puisi dengan teknik creative reading pada siswa kelas VII SMPN 8 Kediri. Secara khusus terdapat dua masalah yaitu menyangkut aspek proses dan hasil. Pertama bagaimana proses peningkatan keterampilan membaca indah puisi dengan teknik creative reading pada tahap praperformansi performansi dan pascaperformansi. Kedua bagaimana hasil peningkatan keterampilan membaca indah puisi dengan teknik creative reading pada aspek irama volume suara mimik kinesik dan kekreatifan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat hal pokok yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan dan (4) refleksi tindakan. Kumpulan data dalam penelitian ini berupa data proses dan hasil. Data proses adalah data interaksi proses pembelajaran membaca indah puisi yang dilakukan siswa dan guru di kelas berupa catatan lapangan sedangkan data hasil berupa data hasil penilaian performansi membaca indah puisi siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan observasi menggunakan pedoman observasi yaitu checklist mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa serta pencapaian tiap indikator pembelajaran. Selain itu digunakan catatan lapangan untuk merekam semua kejadian yang terjadi dalam proses pembelajaran. Data ii proses tersebut kemudian direduksi disajikan berdasarkan tahapan pembelajaran (praperformansi performansi dan pascaperformansi) kemudian diolah dan disimpulkan. Analisis data hasil dilakukan dengan studi dokumen menggunakan lembar penilaian hasil membaca indah puisi. dianalisis dengan mengorganisasi mengelompokkan berdasarkan klasifikasi baik sekali baik cukup kurang baik untuk kemudian dipaparkan dan ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data proses diketahui pada tahap praperformansi guru memberikan materi tentang membaca indah puisi dengan teknik creative reading menampilkan model yang mencontohkan dan melatihkan pembacaan indah puisi dengan teknik creative reading. Guru melatih olah gerak dan vokal membagikan judul puisi menjadi fasilitator ketika siswa mengerjakan LKS dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk berlatih secara mandiri. Pada tahap performansi guru mempersilakan siswa tampil ke depan kelas membaca indah puisi secara bergantian. Pada tahap pascaperformasi guru dan siswa merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menyampaikan kesan kesulitan-kesulitan yang dialami selama proses pembelajaran dan merancang kegiatan lanjutan dalam upaya menumbuhkan kecintaan siswa terhadap karya sastra khususnya puisi. Secara umum dari ketiga tahapan pembelajaran tersebut siswa terlihat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terutama pada tahap praperformansi. Berdasarkan hasil analisis data hasil diketahui keterampilan membaca indah puisi siswa dengan teknik creative reading mengalami peningkatan. Dalam aspek irama tingkat ketuntasan siswa mencapai 94 5% dengan 52 8% berkategori baik 41 7% berkategori baik sekali dan sisanya ada pada kategori cukup (siklus I) meningkat menjadi 100% dengan 77 8% berkategori baik sekali (siklus II). Dalam aspek volume suara tingkat ketuntasan siswa mencapai 72 2% dengan 50% berkategori baik sekali (siklus I) meningkat menjadi 88 9% dengan 58 3% berkategori baik sekali (siklus II). Dalam aspek mimik tingkat ketuntasan siswa mencapai 72 2% dengan 66 6% berkategori baik (siklus I) meningkat menjadi 88 9% dengan 61 1% berkategori baik (siklus II). Dalam aspek kinesik tingkat ketuntasan siswa mencapai 75% dengan 38 9% berkategori baik sekali (siklus I) meningkat menjadi 91 7% dengan 47 2% berkategori baik sekali (siklus II). Dalam aspek kekreatifan dalam menggunakan tatarias kostum properti dan iringan musik yang mendukung penyampaian isi puisi tingkat ketuntasan siswa mencapai 88 9% dengan 55 6% berkategori baik sekali (siklus I) meningkat menjadi 100% dengan 66 7% berkategori baik sekali (siklus II). Secara keseluruhan tingkat ketuntasan siswa mencapai 83 3% dengan 50% berkategori baik 33 3% berkategori sangat baik dan sisanya ada pada kategori cukup (siklus I) meningkat menjadi 94 5% dengan 66 7% berkategori sangat baik (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada kepala sekolah untuk senantiasa memberikan dukungan baik moril maupun fasilitas terhadap upaya peningkatan kualitas pembelajaran.Guru sebaiknya lebih berani dalam memilih dan menerapkan teknik pembelajaran baru yang efektif kreatif dan inovatif agar kualitas pembelajaran dapat senantiasa ditingkatkan misalnya dengan penerapan teknik creative reading untuk meningkatkan keterampilan membaca indah puisi siswa. Bagi peneliti lain disarankan untuk terus melakukan penelitian agar dapat menambah ragam teknik pembelajaran baru yang lebih kreatif efektif dan inovatif agar terjadi peningkatan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143151

Actions (login required)

View Item View Item