Peningkatan kemampuan menulis resensi siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan menggunakan metode CIRC / Astarina Siska Mayaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis resensi siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan menggunakan metode CIRC / Astarina Siska Mayaningrum

Mayaningrum, Astarina Siska (2011) Peningkatan kemampuan menulis resensi siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan menggunakan metode CIRC / Astarina Siska Mayaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan menulis resensi metode CIRC. Pembelajaran menulis resensi merupakan salah satu kompetensi dasar yang ada dalam KTSP jenjang SMA/MA yang harus dikuasai oleh siswa kelas XII. Tujuannya adalah agar siswa dapat mengenal memahami dan menulis resensi dengan memerhatikan aspek isi dan bahasa resensi. Namun pada kenyataannya kemampuan menulis resensi siswa masih rendah. Kesulitan tersebut tampak pada ketidaktahuan siswa tentang apa yang harus ditulis dalam resensi dan bagaimana format penulisan resensi yang baik. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis resensi diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan metode CIRC. Metode ini merupakan komposisi terpadu keterampilan membaca dan menulis. Dengan metode ini siswa dapat lebih mudah dalam menulis resensi karena pembelajaran tidak langsung pada kegiatan menulis resensi tetapi melalui kegiatan membaca dan mengidentifikasi aspek isi dan bahasa dalam buku kumpulan cerpen. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan kemampuan menulis isi resensi siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan menggunakan metode CIRC dan (2) bagaimana peningkatan kemampuan menggunakan bahasa dalam menulis resensi siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan mengunakan metode CIRC Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis isi resensi siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan menggunakan metode CIRC dan (2) untuk meningkatkan kemampuan menggunakan bahasa dalam menulis resensi siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan menggunakan metode CIRC. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penetapan subjek penelitian ditentukan berdasarkan hasil analisis studi pendahuluan yang dilaksanakan oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 karena mempunyai penilaian proses dan penilaian produk di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SMA Negeri 3 Jombang. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 22 September sampai dengan 13 Oktober dalam dua siklus. Data penelitian meliputi data proses berupa seluruh aktivitas (keaktifan keseriusan kesediaan bekerja sama dan mengerjakan tugas) dan data produk berupa hasil resensi yang ditulis siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen utama yaitu peneliti yang didukung dengan instrumen penunjang meliputi wawancara lembar observasi catatan lapangan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penilaian proses dan penilaian produk menunjukkan bahwa siswa sudah dapat menulis resensi dengan baik. Penilaian proses bersumber dari setiap aktivitas yang dilakukan siswa selama kegitan menulis resensi berlangsung meliputi keaktifan keseriusan kehadiran dan kesediaan mengerjakan tugas. Penilaian produk bersumber dari resensi yang ditulis siswa meliputi aspek isi resensi dan bahasa resensi. Kemampuan menulis isi resensi terdiri atas judul resensi data/ identitas buku kepengarangan sinopsis keunggulan dan kelemahan buku manfaat dan sasaran buku. Kemampuan menggunakan bahasa resensi terdiri atas rumusan judul ejaan dan tanda baca pilihan kata keefektifan kalimat penulisan paragraf dan organisasi resensi. Kemampuan menulis isi resensi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26 % sedangkan kemampuan menggunakan bahasa dalam menulis resensi mengalami peningkatan sebesar 33 %. Sehubungan dengan hasil penelitian ini disarankan pada guru untuk menggunakan metode CIRC lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis resensi. Kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan juga disarankan untu memberi dukungan dan fasilitas yang memadai kepada guru untuk melakukan kerja sama dengan para peneliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan dan mengembangkan metode CIRC diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran pada kompetensi dasar sastra yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143140

Actions (login required)

View Item View Item