Peningkatan kemampuan membaca pemahaman novel remaja dengan strategi lingkaran sastra (Literature circles) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang / Eka Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman novel remaja dengan strategi lingkaran sastra (Literature circles) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang / Eka Puji Lestari

Lestari, Eka Puji (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman novel remaja dengan strategi lingkaran sastra (Literature circles) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang / Eka Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca pemahaman novel remaja strategi lingkaran sastra. Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VIII-F SMP Negeri 19 Malang menunjukkan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada umumnya masih berpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah. Kemampuan membaca dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran sastra masih rendah. Demikian pula prestasi belajar memahami buku novel remaja pada aspek membaca siswa juga masih rendah. Prestasi belajar dan minat membaca siswa yang rendah ditunjukkan dari hasil ulangan dan nilai harian siswa pada pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan nilai dari kompetensi pembelajaran membaca dan menjelaskan unsur intrinsik novel remaja hanya 11 siswa yang tuntas dari 38 siswa dengan nilai rata-rata kelas 63 39. Keadaan ini akan coba diperbaiki dengan penerapan pembelajaran Strategi Lingkaran Sastra (Literature Circles). Strategi pembelajaran ini diprediksi dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman novel minat dan prestasi belajar Bahasa dan Sastra Indonesia siswa dengan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Ada beberapa tahap pokok dalam pembelajaran Strategi Lingkaran Sastra yaitu Membagi Siswa dalam Tugas Kelompok Membaca Novel Mendiskusikan Hasil Membaca dan Menuliskan Kembali. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-F SMP Negeri 19 Malang pada bulan Oktober-November tahun pelajaran 2010/2011 pada materi kompetensi dasar menjelaskan alur cerita pelaku dan latar novel remaja (asli atau terjemahan). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan pembelajaran pengumpulan data hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri atas 2 siklus setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian proses dan hasil dengan penerapan Strategi Lingkaran Sastra di kelas VIII-F telah meningkat. Penilaian proses selama Siklus I dan Siklus II meningkat sebesar 65 76%. Penilaian hasil pada kemampuan menganalisis tokoh dan penokohan latar serta alur selama Siklus I dan Siklus II masing-masing meningkat sebesar 17 60% 11 29% dan 11 19%. Sedangkan prestasi belajar siswa level individu mengalami peningkatan sebesar 36 84% dan pada Siklus II sebesar 21 05%. Pembelajaran membaca pemahaman novel remaja juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah siswa yang berperilaku positif yang menggambarkan prestasi dan minat membaca novel selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143139

Actions (login required)

View Item View Item