Ciri-ciri teks berita karangan siswa kelas IX SMPN 1 Sidayu Kabupaten Gresik tahun ajaran 2010/2011 / Vita Syafa'atin - Repositori Universitas Negeri Malang

Ciri-ciri teks berita karangan siswa kelas IX SMPN 1 Sidayu Kabupaten Gresik tahun ajaran 2010/2011 / Vita Syafa'atin

Syafa'atin, Vita (2011) Ciri-ciri teks berita karangan siswa kelas IX SMPN 1 Sidayu Kabupaten Gresik tahun ajaran 2010/2011 / Vita Syafa'atin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci ciri-ciri teks berita karangan siswa Kompetensi menulis teks berita tentu dipandang sebagai kompetensi yang penting untuk dikuasai peserta didik sehingga pemerintah sebagai perancang kurikulum memasukkannya sebagai salah satu materi yang dibelajarkan di sekolah-sekolah khususnya pada jenjang sekolah menengah. Siswa yang pada hakekatnya baru dalam proses belajar menulis berita tentu memiliki ciri-ciri tersendiri dalam tulisannya. Mengetahui ciri-ciri teks berita karangan siswa menjadi pengetahuan yang penting mengingat siswa masih dalam tahap belajarnya itu. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian deskriptif kualitatif ini. Tujuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi tentang ciri-ciri teks berita karangan siswa. Ciri-ciri tersebut menyangkut masalah isi serta gaya penulisannya. Aspek isi meliputi unsur pokok berita yang lebih dikenal dengan 5W 1H. Dalam teori berita yang ideal meskipun ada begitu banyak unsur yang ada dalam suatu berita akan tetapi yang menjadi unsur pokok suatu teks berita tetap 5W 1H. Selain itu teks berita juga tidak bisa dipisahkan dari strukturnya. Secara keseluruhan bangunan teks berita terdiri atas judul teras dan tubuh berita. Masing-masing bagian tersebut dapat dibuat dengan gaya penulisan tertentu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang dipaparkan secara deskriptif berupa kata-kata tertulis dari objek penelitian yang dapat diamati. Dengan demikian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Pendekatan tersebut sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu memperoleh deskripsi tentang ciri-ciri teks berita karangan siswa kelas IX SMPN 1 Sidayu.Tahap pelaksanaan penelitian dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu (1) pengumpulan data (2) pengolahan data (3) interpretasi hasil pengolahan data. Instrumen yang digunanakan dalam penelitian ini ada dua yaitu instrumen pengumpul data berupa tes serta instrumen pengolah data yang berupa tabel penjaring data. Analisis data dilakukan dengan empat langkah yaitu (1) mempelajari data (2) identifikasi data (3) penafsiran data hasil dan (4) pengkodean. Hasil penelitian ini berupa deskripsi tentang ciri-ciri teks berita karangan siswa kelas IX SMPN 1 Sidayu dilihat dari aspek isi dan gaya penulisannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ciri-ciri isi teks berita karangan siswa adalah menyangkut masalah unsur pokok berita yakni 5W 1H yang meliputi kelengkapan dan penataannya serta mencakup pula kelengkapan struktur teks berita yakni judul berita teras berita dan tubuh berita. Ciri-ciri isi teks berita karangan siswa ada yang secara lengkap memuat 5W 1H yang meliputi apa yang diberitakan siapa yang diberitakan kapan terjadinya peristiwa tersebut dimana terjadinya peristiwa yang diberitakan mengapa hal itu bisa terjadi serta bagaimana proses kejadiannya. Teks berita karangan siswa kelas IX SMPN 1 Sidayu ada pula yang tidak lengkap seperti tanpa unsur siapa tanpa unsur kapan tanpa unsur dimana dan tanpa unsur mengapa sehingga teks berita tersebut hanya memuat lima dari enam unsur pokok berita yang seharusnya ada dalam sebuah teks berita. Dalam hal penataan juga demikian ada yang menonjolkan unsur kapan menekankan unsur apa menekankan unsur siapa dan menekankan unsur dimana. Penekanan pada salah satu unsur pokok berita tersebut akan mempengaruhi gaya penulisan teras beritanya khususnya pada model teras berita 5W1H. Berdasarkan hasil analisis ciri-ciri gaya penulisan yang digunakan dalam menulis judul ada empat yakni dengan menggunakan kalimat tunggal kalimat majemuk frasa dan kata. Dalam menulis judul juga digunakan majas. Ada empat majas yang ditemukan dari hasil analisis terhadap penulisan judul berita pada teks berita karangan siswa yaitu majas personofikasi hiperbola metafora dan metonimia. Untuk ciri-ciri gaya penulisan teras berita digunakan enam model dari 11 model yang ada dalam teori yaitu model 5W 1H model kisahan model deskrispi model pertanyaan model ucapan kondang dan model figuratif. Dengan demikian model teras berita yang tidak digunakan adalah model sapaan model menuding model penggoda/teaser model kutipan langsung dan model literer. Ciri-ciri gaya penulisan tubuh berita ada empat yang digunakan yaitu menggunakan model blok model rekatan model tematik dan model kronologi. Penggunaan model spiral tidak ditemukan dalam penulisan tubuh teks berita karangan siswa kelas IX SMPN 1 Sidayu. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki ciri-ciri sendiri dalam menulis teks berita. Ciri-ciri-ciri-ciri tersebut ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan teori berita yang ideal. Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan evaluasi pembelajaran menulis teks berita dan disarankan bagi guru untuk menggunakan media yang konkret dalam mengajarkan menulis teks berita misalnya surat kabar agar anak terbiasa untuk mengenali ciri-ciri teks berita yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143132

Actions (login required)

View Item View Item