Tren pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Indonesia dalam 21 tahun: telaah metode, teknik, dan strategi dalam penelitian mahasiswa tahun 1990-2010 Universitas Negeri Malang / RZ. Rossy Zulkarnain - Repositori Universitas Negeri Malang

Tren pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Indonesia dalam 21 tahun: telaah metode, teknik, dan strategi dalam penelitian mahasiswa tahun 1990-2010 Universitas Negeri Malang / RZ. Rossy Zulkarnain

Zulkarnain, RZ. Rossy (2011) Tren pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Indonesia dalam 21 tahun: telaah metode, teknik, dan strategi dalam penelitian mahasiswa tahun 1990-2010 Universitas Negeri Malang / RZ. Rossy Zulkarnain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran menyimak pembelajaran berbicara Pembelajaran menyimak dan berbicara di sekolah selama ini masih kalah pamor dibandingkan dengan pembelajaran menulis dan membaca. Keadaan ini terjadi lantaran paradigma yang berkembang bahwa pembelajaran menyimak dan berbicara tidak berpengaruh terhadap ujian kelulusan siswa maupun ujian ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pola pembelajaran menyimak dan berbicara di sekolah belum berjalan maksimal dan belum mampu mengasah keterampilan siswa. Hal tersebut terjadi karena cara penyampaian pelajaran yang masih tradisional dan tidak mampu memaksimalkan kemajuan teknologi yang ada. Padahal telah muncul berbagai permasalahan dalam pembelajaran yang tidak bisa dielakkan begitu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan mengidentifikasi berbagai metode teknik dan strategi dalam pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Indonesia dalam jengang SD SMP dan SMA dalam kurun waktu 21 tahun antara tahun 1990- 2010. Penelitian yang dikumpulkan berasal dari karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang baik berupa skripsi tesis maupun disertasi. Rancangan penelitian ini menggunakan analisis isi kualitatif. Data penelitian berupa berbagai penelitian mahasiswa tentang pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Indonesia dalam tahun 1990-2010. Pengumpulan data dilakukan dengan tenknik catatan lapangan. Kagiatan analisis dimulai dari pengelompokan dan pengorganisasian pengodean dan penyimpulan dan penginterpretasian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut ditemukan tiga kesimpulan. Pertama bahwa telah ditemukan tiga puluh jenis metode teknik dan strategi pembelajaran menyimak dan berbicara yang tersebar dalam jenjang SD SMP dan SMA. Metode teknik dan strategi untuk keterampilan menyimak adalah lain Teknik Diskusi Teknik Tugas dan Teknik Ceramah Strategi Tanya Strategi Cek dan Ricek Metode Ekspresif Metode Jigsaw Model Pembelajran Snowball Throwing Strategi Permainan Pesan Berantai Strategi Fighting Question Strategi PAIR CHECK Metode TWIN (Tawar Informasi) Teknik PURI HENING (Puzzle story And Happy Listening) Strategi STAD dan Strategi Model inside-outside circle. Sedangkan Metode teknik dan strategi untuk keterampilan berbicara adalah Teknik Diskusi Jigsaw Strategi Permodelan Teknik diskusi prokonet Metode Jigsaw Strategi Debat Strategi the role playing model Teknik bermain drama Metode masyarakat belajar Metode learning cycle 5 phase Strategi pembelajaran tematik Teknik Bercerita Metode Group Investigation dan Snowball Throwing Metode Bermain Peran Metode permainan Teknik Puri Hening (Puzzle Story and Happy Listening) Metode TWIN (Tawar Informasi) dan Strategi Model NHT (Numbered Heads Together) Kedua berbagai permasalahan yang melatarbelakangi penggunaan metode teknik dan strategi dalam pembelajaran menyimak tersebut antara lain untuk jenjang SD adalah hasil simakan belum lengkap dan mendalam aktifitas menyimak membuat siswa pasif dan siswa tidak tertarik dalam pembelajaran menyimak. Untuk SMP adalah hasil simakan belum lengkap dan mendalam dan Siswa tidak tertarik dalam pembelajaran menyimak. Untuk SMA adalah Aktifitas menyimak membuat siswa pasif materi simakan tidak menarik Siswa tidak tertarik dalam pembelajaran menyimak dan hasil simakan siswa belum lengkap dan mendalam. Sedangkan berbagai permasalahan yang melatarbelakangi penggunaan metode teknik dan strategi dalam pembelajaran berbicara tersebut antara lain untuk jenjang SD adalah siswa tidak percaya diri dalam berbicara pelafalan dan intonasi siswa dalam berbicara belum baik siswa tidak kreatif dalam berpendapat dan keruntutan dan kelancaran berbicara siswa belum baik .Untuk jenjang SMP adalah siswa tidak percaya diri dalam berbicara kegiatan berbicara tidak menarik bagi siswa dan kegiatan berbicara tidak menarik bagi siswa. Untuk jenjang SMA adalah siswa tidak percaya diri dalam berbicara pendapat siswa belum dilandasi argumentasi yang baik dan pola pikir siswa dalam pembelajaran tidak berkembang. Ketiga berbagai temuan metode teknik dan strategi pembelajaran menyimak dan berbicara tersebut telah berhasil mengatasi banyaknya permasalahan yang muncul dalam pembelajaran menyimak dan berbicara. Meskipun demikian untuk mendapatkan tingkat keberhasilan yang baik dalam penggunaan metode teknik dan strategi tersebut diperlukan penyesuaian terhadap keadaa siswa guru dan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143131

Actions (login required)

View Item View Item