Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan strategi pemodelan pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget / Vina Ariany - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan strategi pemodelan pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget / Vina Ariany

Ariany, Vina (2011) Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan strategi pemodelan pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget / Vina Ariany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis naskah drama strategi pemodelan. Keterampilan menulis naskah drama merupakan salah satu keterampilan bidang apresiasi sastra yang mulai diajarkan di SMP. Melalui pembelajaran keterampilan tersebut diharapkan siswa mampu menulis naskah drama dan menghasilkan karya yang baik. Namun harapan tersebut masih kurang diperhatikan dan mendapatkan banyak kendala. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kalianget diketahui bahwa pembelajaran menulis naskah drama di SMP tersebut masih perlu ditingkatkan. Hal itu disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan tema tokoh dan karakternya alur dan latar dengan baik dalam naskah drama. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru tentang cara menulis naskah drama. Dalam pembelajaran menulis naskah drama guru juga tidak memberikan model yang dapat ditiru oleh siswa untuk menulis naskah drama akibatnya siswa tidak memiliki gambaran tentang naskah drama. Melalui penelitian tindakan kelas ini siswa diperkenalkan dengan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan strategi pemodelan. Strategi pemodelan ini terdiri atas (1) pembelajaran model tema (2) pembela jaran model tokoh (3) pembelajaran model alur dan (4) pembelajaran model latar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan strategi pemodelan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget pada pembelajaran model tema (2) peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan strategi pemodelan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget pada pembelajaran model tokoh (3) peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan strategi pemodelan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget pada pembelajaran model alur dan (4) peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan strategi pemodelan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget pada pembelajaran model latar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kartu model tema tokoh alur dan latar dan tes menulis naskah drama dengan strategi pemodelan pada lembar kerja siswa. Pada awal sebelum siklus PTK dilaksanakan digunakan instrumen pengambilan data berupa lembar observasi angket dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget. Data dalam penelitian ini adalah data verbal data proses dan data hasil. Data verbal berupa hasil catatan lapangan hasil wawancara dengan guru dan angket dari siswa. Data proses penelitian berupa proses pembelajaran model tema proses pembelajaran model tokoh proses pembelajaran model alur proses pembelajaran model latar. Data hasil penelitian itu berupa naskah drama karya siswa. Hasil penelitian diperoleh rerata skor kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan strategi pemodelan siklus I yaitu sebanyak 37% siswa memperoleh nilai tuntas dan 63% memperoleh nilai tidak tuntas dan diperoleh rata-rata skor kemampuan menulis naskah drama siklus I sebesar 67. Pada siklus II kemampuan menulis naskah drama siswa mengalami peningkatan dari siklus I. Hasil peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan strategi pemodelan siklus II yaitu sebanyak 100% siswa memperoleh nilai tuntas dan diperoleh rata-rata skor kemampuan menulis naskah drama siklus II sebesar 89. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama dengan strategi pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Kalianget. Strategi pemodelan sangat sesuai diterapkan di SMP tersebut karena dianggap memiliki teknik-teknik yang sesuai dengan permasalahan siswa. Teknik-teknik yang dimaksud yaitu strategi pemodelan memberikan bantuan kepada siswa untuk bisa mengembangkan tema tokoh dan karakternya alur dan latar dalam cerita dengan tepat sehingga menghasilkan naskah drama yang baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143130

Actions (login required)

View Item View Item