Pengembangan bahan ajar membaca dan menulis untuk siswa kelas VII SMP / Restu Hapsari Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar membaca dan menulis untuk siswa kelas VII SMP / Restu Hapsari Rahayu

Rahayu, Restu Hapsari (2011) Pengembangan bahan ajar membaca dan menulis untuk siswa kelas VII SMP / Restu Hapsari Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan bahan ajar membaca menulis Membaca dan menulis itu penting. Kompetensi tersebut diajarkan pada setiap jenjang pendidikan yang bertujuan agar siswa memahami serta mampu menerapkannya dengan baik. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu kompetensi ini sering diabaikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bahan ajar bahasa Indonesia yang berupa buku paket dan Lembar Kerja Siswa yang lebih mengutamakan pemahaman teori. Untuk itulah dikembangkan bahan ajar membaca dan menulis dengan kegiatan pembelajaran yang lebih bervariasi. Dengan adanya kegiatan pembelajaran tersebut diharapkan dapat memunculkan kembali minat siswa terhadap pembelajaran membaca menulis. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian pengembangan. Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) menyusun RPP (2) menyusun draf bahan ajar (3) uji produk dan (4) merevisi bahan ajar. Uji produk dilaksanakan sebanyak tiga kali yaitu uji ahli uji praktisi dan uji siswa. Uji ahli dilakukan oleh Bapak Dr. Nurhadi yang merupakan dosen jurusan sastra Indonesia. Uji praktisi dilakukan oleh Ibu Siti Fatimah S.Pd yang merupakan guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Malang. Uji siswa dilakukan oleh 24 orang siswa kelas VII F SMPN 1 Malang. Berdasarkan uji produk diperoleh hasil berikut. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada ahli sebesar 80%. Ahli juga memberikan saran dan komentar untuk penyempurnaan bahan ajar. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada praktisi sebesar 90%. Praktisi memberikan catatan untuk kesempurnaan bahan ajar. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada siswa sebesar 77%. Siswa memberikan saran untuk memperbaiki tampilan bahan ajar. Hasil penelitian yang diperoleh berupa produk bahan ajar yang penyusunannya berdasarkan RPP yang telah dibuat. RPP yang dibuat berisi identitas RPP standar kompetensi dan kompetensi dasar indikator tujuan pembelajaran alokasi waktu materi ajar metode pembelajaran langkah-langkah pembelajaran sumber belajar dan penilaian. Bahan ajar yang dihasilkan terdiri dari tiga unit. Masing-masing unit menjabarkan satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Pada akhir unit tiga terdapat uji materi yang bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi dan kompetensi yang diajarkan. Dari penelitian ini disarankan bahan ajar membaca dan menulis dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis bagi siswa. Bahan ajar ini memiliki kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Siswa dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penguasaan terhadap kompetensi membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143129

Actions (login required)

View Item View Item