Yuniasari, Ritma (2011) Validitas soal ujian nasional bahasa Indonesia SMP/MTs tahun ajaran 2009/2010 / Ritma Yuniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci analisis butir soal ujian nasional Skor hasil ujian nasional adalah salah satu persyaratan kelulusan peserta didik dari sekolah untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Keberadaan ujian nasional masih dipertanyakan. Aspek-aspek yang mempengaruhi mutu tes tersebut adalah validitas reliabilitas tingkat kesukaran daya beda dan berfungsi tidaknya distraktor jawaban. Semua aspek tersebut harus memiliki kriteria yang baik agar soal ujian nasional layak untuk diujikan. Validitas isi mempersoalkan kesejajaran soal dengan kurikulum yang ditentukan. Validitas isi dalam penelitian ini adalah kesesuaian soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Ajaran 2009/2010 dengan Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Ajaran 2009/2010 berdasarkan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009. Validitas konstruk merujuk pada kesesuaian soal dengan konstruk teori. Validitas konstruk adalah kesesuaian soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Ajaran 2009/2010 dengan teori atau konstruk keterampilan berbahasa dalam Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Ajaran 2009/2010 berdasarkan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data adalah naskah soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Ajaran 2009/2010 Paket A P 16. Data yang digunakan adalah hasil identifikasi validitas isi dan validitas konstruk soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Ajaran 2009/2010. Hasil penelitian dari analisis yang telah dilaksanakan yakni soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP Tahun Ajaran 2009/2010 memiliki validitas isi yang tinggi. Meskipun kriterianya tinggi terdapat dua soal yang tidak valid tidak sesuai dengan indikator kemampuan yang diuji dalam Standar Kompetensi Lulusan. Kemudian validitas konstruk keterampilan membaca dan keterampilan menulis masing-masing tinggi. Kemampuan membaca dalam mengidentifikasi teks memahami teks dan memberi umpan balik terhadap isi teks terdapat dalam soal. Sejumlah 15 butir soal merupakan soal yang mengidentifikasi bagian-bagian dalam teks 9 butir soal merupakan soal yang menguji kemampuan membaca dalam aspek memahami teks dan satu butir soal yang merupakan aspek keterampilan membaca dengan memberi umpan balik terhadap teks. Kemampuan menulis dalam tahap pra menulis menulis dan pasca menulis terdapat dalam soal. Sejumlah 3 butir soal tahap pra menulis 8 butir soal tahap menulis dan 14 butir soal tahap pasca menulis. Validitas isi dan validitas konstruk soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Ajaran 2009/2010 sudah memiliki kriteria baik. Namun daya beda dan tingkat kesukaran beberapa soal masih memiliki kelemahan. Tingkat kesukaran dan daya beda yang belum baik menandakan soal tersebut tidak sempurna. Oleh karena itu disarankan kepada Badan Standar Nasional Pendidikan selaku pengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dalam pembuatan soal ujian nasional perlu dimantapkan dengan mengujikan validitas isi dan validitas konstruk. Kepada peneliti selanjutnya masih ada aspek yang perlu diteliti yakni tingkat kesukaran daya beda dan reliabilitas fungsi distraktor dan analisis metode kualitatif yang melingkupi analisis teknis analisis isi dan analisis editorial. Selain itu perlu diteliti pula hubungan antara aspek-aspek tersebut. Misalnya hubungan antara validitas dengan analisis butir soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |