Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap minat belajarnya / Irma Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap minat belajarnya / Irma Kurniawati

Kurniawati, Irma (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap minat belajarnya / Irma Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) minat belajar Persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia adalah proses penilaian atau cara pandang siswa mengenai keberadaan guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah mereka yang meliputi persepsi tentang sikap dan praktik mengajar guru PPL di dalam kelas. Minat belajar siswa merupakan keseluruhan daya pendorong atau penggerak psikis di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar demi tercapainya suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia (2) persepsi siswa tentang cara mengajar guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia (3) persepsi siswa tentang sikap guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia (4) minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah menerima pelajaran dari guru PPL (3) pengaruh persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified random sampling dengan jumlah sampel 400 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL mata pelajaran bahasa Indonesia berpengaruh terhadap minat belajarnya. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai R Squere ke empat sekolah yang menunjukkan angka 0.285 artinya hubungan kedua variabel tersebut sebesar 28 5% dimana hubungan kedua variabel tersebut relatif rendah/tidak terlalu kuat. Saran yang dapat diberikan adalah (1) pihak-pihak sekolah hendaknya lebih membimbing dan membina guru-guru PPL karena hal tersebut berpengaruh pada minat belajar siswa (2) mahasiswa (guru PPL) hendaknya meningkatkan kemampuan mengajar dan faktor-faktor lainnya agar siswa lebih berminat untuk belajar dan tidak cepat merasa jenuh dengan mata pelajaran yang dihadapinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan (3) bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis hendaknya hasil penelitian ini lebih dikembangkan mengingat keterbatasan penelitian dengan mengembangkan indikator dan teknik pengumpulan data sehingga variabel-variabel dapat diukur lebih luas. Akan lebih baik pula jika pengumpulan data kuesioner dikombinasikan dengan teknik wawancara atau observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143124

Actions (login required)

View Item View Item