Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk siswa SD/MI kelas IV berbasis cooperative learning / Farida Yufarlina Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk siswa SD/MI kelas IV berbasis cooperative learning / Farida Yufarlina Rosita

Risita, Farida Yufarlina (2011) Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk siswa SD/MI kelas IV berbasis cooperative learning / Farida Yufarlina Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan keterampilan berbicara cooperative learning Berbicara merupakan hal yang penting karena digunakan sebagai bentuk komunikasi antarmanusia. Keterampilan berbicara sebagai salah satu keterampilan berbahasa sudah diajarkan sejak siswa duduk di bangku Sekolah Dasar. Akan tetapi siswa belum ikut berperan aktif dalam pembelajaran berbicara di kelas karena belum tersedianya bahan ajar khusus untuk siswa SD/MI kelas IV. Berkaitan dengan itu diperlukan pengembangan bahan ajar baru sebagai alternatif media berbicara yang khusus untuk siswa SD/MI kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk siswa SD/MI kelas IV berbasis cooperative learning. Secara khusus tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah dihasilkannya isi materi penyajian dan kelayakan bahasa bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran berbicara dan mengembangkannya dalam bentuk bahan ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk siswa SD/MI kelas IV berbasis cooperative learning. Spesifikasi produk dari penelitian ini adalah dihasilkannya bahan cetak berupa bahan ajar yang berisi isi materi keterampilan berbicara penyajian keterampilan berbicara dan kelayakan bahasanya. Model pengembangan bahan ajar ini dirumuskan dengan tahapan analisis pendahuluan analisis kurikulum penyusunan RPP berbasis cooperative learning penulisan dan penyusunan bahan ajar uji coba revisi dan dihasilkan produk akhir. Uji coba produk dirumuskan dalam lima tahap yaitu a) desain uji coba b) subjek uji coba c) jenis data d) instrumen pengumpulan data e) teknik analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa human instrument yaitu peneliti sendiri pedoman wawancara dan angket. Data verbal berupa catatan komentar saran dan kritik langsung dituliskan pada angket maupun bahan ajar. Untuk mengetahui kevalidan data dilakukan uji coba produk kepada dua pakar satu guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama isi materi dalam bahan ajar akan lebih baik jika dilengkapi dengan materi yang membelajarkan keterampilan berbicara secara langsung. Kedua penyajian bahan ajar meliputi contoh-contoh gambar ilustrasi dan paduan warna. Penggunaan aspek-aspek tersebut dalam bahan ajar ini relevan dengan tingkat intelektual dan emosional siswa kelas IV SD/MI. Ketiga aspek kelayakan bahasa yang digunakan dalam bahan ajar ini mudah dipahami oleh siswa kelas IV SD/MI karena bahasa yang digunakan dalam bahan ajar ini sederhana dan disesuaikan dengan tingkat pengetahuan siswa dalam memahami sebuah bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143123

Actions (login required)

View Item View Item