Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan strategi T-chart siswa kelas VII SMP Al Irsyad Batu / Moh. Arif Ariansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan strategi T-chart siswa kelas VII SMP Al Irsyad Batu / Moh. Arif Ariansyah

Ariansyah, Moh. Arif (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan strategi T-chart siswa kelas VII SMP Al Irsyad Batu / Moh. Arif Ariansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan keterampilan menulis karangan narasi strategi T-Chart. Pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi sudah diajarkan kepada siswa kelas VII di SMP AL Irsyad sesuai dengan KTSP. Terkait dengan pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi di sekolah tersebut dilakukan studi pendahuluan dengan hasil bahwa (1) pembelajaran menulis karangan narasi kurang menumbuhkan minat siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi (2) guru belum memiliki teknik yang tepat untuk membelajarkan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi (3) siswa memiliki kesulitan dalam menentukan dan mengembangkan topik untuk menulis karangan narasi berdasarka pengalaman pribadi serta (4) masih ada 70% yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi sehingga siswa tersebut memperoleh nilai di bawah KKM. Masalah yang muncul pada aspek hasil menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi adalah topik yang ditulis siswa seragam. Antara siswa satu dengan yang lain saling berbagi topik bahasa yang digunakan asal- asalan. Oleh karena itu permasalahan tersebut diatasi dengan penggunaan strategi T-Chart untuk lebih mengkhususkan pokok persoalan dalam karangan narasi siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi T-Chart siswa kelas VII SMP AL Irsyad Batu sedangkan tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi T-Chart siswa kelas VII SMP AL Irsyad Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi lima hal pokok yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan dan (4) refleksi hasil tindakan. Data dalam penelitian ini berupa data proses dan hasil. Data proses berupa transkrip hasil interaksi proses pembelajaran menulis karangan narasi berdarkan pengalaman pribadi yang dilakukan siswa dan guru di kelas sedangkan data hasil berupa kerangka karangan siswa dan hasil karangan siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan observasi menggunakan pedoman observasi dan catatan lapangan sedangkan data hasil dilakukan dengan studi dokumen dengan menggunakan rubrik penilaian hasil menulis karangan narasi. Data proses dan hasil yang telah dikumpulkan dianalisis dengan mengorganisasi mengelompokkan memaparkan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian meliputi proses dan hasil peningkatan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan strategi T-Chart pada tahap pratulis menulis dan pascatulis. Tahap pratulis kegiatan siswa meliputi membaca contoh karangan narasi dari guru mengidentifikasi unsur intrinsik karangan menyimak penjelasan guru tentang menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi T-Chart mendata peristiwa menarik yang pernah dialami siswa memilih pengalaman yang aling menarik dan membuat kerangka karangan. Siswa terlihat antusias membuat kerangka karangan dengan menggunakan strategi T-Chart. Strategi T-Chart dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat kerangka karangan. Hasil kerangka karangan narasi siswa kategori tuntas dari siklus I menuju siklus II meningkat dari 80% (dengan 5% kualifikasi sangat baik 75% kualifikasi baik 20% kualifikasi cukup) menjadi 100% (dengan 25% kualifikasi sangat baik dan 75% kualifikasi baik). Kualitas kerangka karangan untuk kategori tuntas dengan kualifikasi sangat baik yaitu lengkap dan rinci baik judul tokoh latar maupun peristiwa. Kualitas kerangka karangan siswa kategori tuntas dengan kualifikasi baik yaitu sudah menyebutkan semua aspek tetapi ada salah satu aspek yang kurang rinci. Proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada tahap menulis dilakukan dengan kegiatan siswa mengembangkan kerangka karangan narasi menjadi karangan narasi utuh. Pada siklus I sebagian besar siswa tampak antusias dan tidak banyak mengalami kesulitan karena sebelumnya siswa sudah membuat kerangka karangan narasi. Pada siklus II terjadi peningkatan motivasi sehingga sebagian besar siswa serius dan antusias dalam mengembangkan kerangka karangan narasi. Hasil peningkatan pada tahap menulis ditandai dengan bertambahnya kualitas hasil menulis karangan narasi siklus I menuju siklus II dari 60% (dengan 40% kualifikasi baik dan 60% kualifikasi cukup) menjadi 90% (5% kualifikasi sangat baik dan 85% kualifikasi baik dan 10% kualifikasi cukup). Kualitas karangan narasi yang dihasilkan siswa kategori tuntas untuk kualifikasi sangat baik yaitu sudah mengembangkan judul tokoh latar dan peristiwa sesuai dengan media serta pengembangan topik menarik sesuai dengan tokoh latar dan peristiwa. Proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada tahap pascatulis dilakukan dengan kegiatan siswa menyunting aspek ejaan tanda baca dan bahasa karangan narasi. Hasil peningkatan tahap pascatulis ditandai dengan meningkatnya kualitas siswa yang melakukan penyuntingan kategori tuntas siklus I menuju siklus II dari 75% (dengan 15% kualifikasi sangat baik 60% kualifikasi baik dan 25% kualifikasi kurang) menjadi 100% (dengan 55% kualifikasi sangat baik dan 45% kualifikasi baik). Jadi media benda tiga dimensi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada tahap pratulis menulis dan pascatulis. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru untuk menggunakan strategi T-Chart dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran yang lainnya untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Selain itu penelitian ini juga dapat dikaji lebih mendalam lagi dengan menggunakan kriteria evaluasi dan pendekatan yang berbeda mengenai upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143119

Actions (login required)

View Item View Item