Pengembangan bahan ajar bercerita pengalaman berbasis cerita naratif kronologis untuk siswa SMP kelas VII semester I / Junita Budiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bercerita pengalaman berbasis cerita naratif kronologis untuk siswa SMP kelas VII semester I / Junita Budiono

Budiono, Junita (2011) Pengembangan bahan ajar bercerita pengalaman berbasis cerita naratif kronologis untuk siswa SMP kelas VII semester I / Junita Budiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan bahan ajar bercerita pengalaman cerita naratif kronologis. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh sejumlah masalah yakni perencanaan pembelajaran bercerita pengalaman yang kurang matang di kalangan guru dan siswa penguasaan materi oleh guru yang masih minimal dan metode yang digunakan guru kurang inovatif. Agar proses pembelajaran bercerita pengalaman berkesan dapat berlangsung dengan baik sehingga mencapai tujuan yakni siswa memiliki keterampilan bercerita pengalaman berkesan. Adapun langkah yang dapat ditempuh untuk memenuhi tujuan tersebut yaitu mengembangkan bahan ajar yang menguraikan materi serta diramu dalam strategi belajar yang menyenangkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengembangkan (1) pra bahan ajar berupa (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP) bercerita pengalaman berbasis cerita naratif kronologis dan (2) bahan ajar pembelajaran bercerita pengalaman berbasis cerita naratif kronologis. RPP dikembangkan sebagai dasar penulisan bahan ajar sehingga materi dalam bahan ajar dijelaskan dengan strategi pembelajaran yang saling berkesinambungan hingga mencapai satu tujuan pembelajaran. Adanya cerita naratif kronologis dalam bahan ajar digunakan sebagai strategi dan model pembelajaran. Adapun strategi pembelajaran diuraikan menjadi 4 tahap yakni membaca model cerita naratif kronologis menganalisis cerita naratif kronologis menulis cerita pengalaman berkesan dan menceritakan secara lisan dengan memperhatikan keterampilan verbal dan non-verbal. Adapun fungsi cerita naratif kronologis sebagai model pembelajaran yakni untuk menguraikan materi dan contoh-contoh materi. Kedua fungsi cerita naratif kronologis tersebut dimanfaatkan dalam produk yakni bahan ajar. Kebermanfaatan bahan ajar dapat dirasakan oleh guru dan siswa. Adapun manfaat bagi guru yaitu sebagai sumber materi. Adapun RPP dapat difungsikan oleh guru sebagai panduan mengajar. Demikian pula dengan keterkaitan materi satu dengan yang lain merupakan kekuatan bahan ajar yang dikemb angkan sehingga siswa dapat mempelajari secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143118

Actions (login required)

View Item View Item