Pengembangan bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik untuk siswa kelas III SD / Nova Kristian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik untuk siswa kelas III SD / Nova Kristian

Kristian, Nova (2011) Pengembangan bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik untuk siswa kelas III SD / Nova Kristian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran membaca dongeng berdasarkan observasi mengalami beberapa hambatan. Hambatan tersebut adalah (1) terdapat indikasi rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran membaca dongeng (2) pembelajaran mem-baca dongeng monoton dan membosankan dan (3) guru hanya terpaku pada buku teks dan LKS. Padahal buku tersebut terlalu banyak teori monoton dan kurang dekat dengan siswa. Pada akhirnya hal tersebut akan membuat siswa mengalami banyak kesulitan dalam memahami materi yang disajikan di dalamnya sehingga dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Agar proses pembelajaran membaca dongeng dapat berlangsung dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan paling tidak guru dituntut mampu menyedia- kan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pemilihan bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik diduga cocok dan sesuai dengan siswa SD karena komik adalah bahan bacaan yang dekat dan disukai oleh siswa SD. Jika dongeng dalam bahan ajar disajikan dalam bentuk komik maka siswa akan lebih termotivasi untuk mempelajari dan membaca bahan ajar tersebut. Motivasi yang tinggi ini akan berpengaruh positif terhadap penyampaian materi dan pesan-pesan pembelajaran yang tertuang di dalam buku ajar tersebut. Berdasarkan paparan pada bagian latar belakang tersebut maka tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dongeng berbentuk komik untuk Siswa kelas III SD. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengembangkan isi bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik untuk siswa kelas III SD (2) mengembangkan organisasi penyajian bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik untuk siswa kelas III SD dan (3) mengembangkan bahasa bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik untuk siswa kelas III SD dan (4) mengembangkan tampilan bahan ajar membaca dongeng berbentuk komik untuk sisw kelas III SD Untuk mencapai tujuan penelitian di atas digunakan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model desain sistem pembelajaran Dick dan Carey (1990). Berdasarkan model tersebut dalam penelitian ini ada 4 tahap pengembangan yang dilakukan yakni (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan bahan ajar yang dilakukan pada tahap prapengembangan. Produk hasil pengembangan selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yakni melalui tiga kelompok uji yang meliputi (1) uji ahli yakni ahli sastra ahli pembelajaran bahasa Indonesia dan ahli visualisasi komik (2) uji praktisi yakni guru kelas III SD dan (3) uji siswa SD kelas III Oro-oro Dowo Malang yang terdiri dari 37 siswa. Data dalam penelitian ini berupa data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian sedangkan data verbal lisan berupa informasi lisan ketika wawancara langsung dengan ketiga kelompok uji. Hasil wawancara selanjutnya ditranskripsikan agar dapat dianalisis. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai human instrument. Sebagai instrumen penunjang digunakan angket penilaian dan pedoman wawancara bebas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualita-tif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang dipero-leh dari angket penilaian bahan ajar sedangkan teknik kualititatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif yang berupa data verbal yang diperoleh dari wawancara dan catatan tertulis berupa komentar saran dan masukan yang tertulis pada lembar penilaian. Analisis data verbal dilakukan dengan cara (1) mengum-pulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasikan data ver-bal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) mengana-lisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindakan terhadap produk yang dikembangkan apakah sudah layak atau harus direvisi. Dari hasil uji bahan ajar dengan ahli sastra menghasilkan rata-rata kelaya-kan sebesar 80% ahli pembelajaran 89 2% ahli visualisasi komik 89 6% guru Bahasa Indonesia 98% dan siswa 90%. Hasil uji dengan ahli materi dongeng menunjukkan bahwa bahan ajar harus direvisi karena dari kelima aspek yang diujikan ada satu aspek yang belum layak sedangkan menurut ahli pembelajaran dongeng produk tergolong layak dan dapat diimplementasikan dalam pembela-jaran dari ahli visualisasi komik produk tergolong layak dan dapat diimplemen-tasikan dalam pembelajaran dan dari guru dan siswa menunjukkan bahan ajar tergolong layak dan siap diimplementasikan. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar membaca do-ngeng berbentuk komik dari hasil uji menunjukkan bahwa produk bahan ajar tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan saran dari beberapa pihak. Bagi kepala sekolah bahan ajar ini dapat memberikan kesem-patan bagi guru untuk mengembangkan bahan ajar secara mandiri. Bagi guru dapat menyusun bahan ajar secara mandiri dan lebih kreatif. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Dengan menggunakan bahan ajar yang berfungsi sebagai alternatif bahan pembelajaran membaca dongeng berbentuk komik diharapkan pembelajaran membaca dongeng lebih menarik bagi siswa. Selanjut-nya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143117

Actions (login required)

View Item View Item