Yuanita, Erlina (2011) Peningkatan kemampuan menanggapi pembacaan puisi menggunakan strategi trial by jury pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Trenggalek / Erlina Yuanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kemampuan menanggapi pembacaan puisi strategi trial by jury Kemampuan menanggapi merupakan salah satu keterampilan menyimak berbicara yang perlu dikuasai oleh siswa. Dengan meningkatkan kemampuan menyimak berarti juga meningkatkan kemampuan berbicara karena kemampuan menyimak dan berbicara merupakan kegiatan komunikasi dua arah yang langsung (Tarigan 1986 3). Kemampuan menyimak bisa dinilai dari kemampuan berbicara yang merupakan salah satu perwujudan hasil pemahaman simakan. Setiap orang yang memilki daya simak tinggi dapat dipastikan bahwa dia akan lebih mudah mempelajari kompetensi berbahasa. Namun adakalanya siswa belum bisa berkonsentrasi menyimak bahkan ada yang malas kalau disuruh menyimak oleh bosan karena pembelajaran yang kaku dan monoton. Kemampuan menanggapi yang baik akan menunjang aktivitas berkomunikasi siswa terutama dalam pembelajaran menanggapi. Akan tetapi masih banyak juga siswa yang takut dan canggung jika menanggapi dalam forum resmi seperti di kelas. Hal itu dikarenakan siswa masih belum terbiasa dan terlatih dengan baik dalam hal menanggapi. Sebenarnya banyak siswa yang berpotensi bagus dalam menanggapi namun terhambat oleh ketidakpercayaan diri atau masalah teknis seperti strategi pembelajaran yang kaku dan juga monoton. Salah satu cara yang dapat dikembangkan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan menanggapi adalah penggunaan strategi yang inovatif dan efisien dalam pembelajarannya. Dalam penelitian ini digunakan strategi trial by jury yang merupakan strategi pembelajaran aktif. Pada strategi trial by jury trial by jury planning) (2) pelaksanaan tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) (4) refleksi (reflekting). Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri instrument penunjangnya adalah pedoman wawancara lembar observasi tes dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa siswi SMPN 3 Trenggalek. Adapun data penelitian ini meliputi data proses dan hasil. Data proses merupakan hasil pengamatan pencatatan lapangan dan hasil wawancara terkait proses pembelajaran. Data hasil merupakan hasil tes menanggapi pembacaan puisi siswa dalam mengungkapkan isi tanggapan penggunaan bahasa Indonesia dan cara menanggapi. Berdasarkan analisis data penelitian menanggapi pembacaan puisi menggunakan strategi trial by jury pada prasiklus siklus I dan siklus II dalam mengungkapkan isi tanggapan penggunaan bahasa Indonesia dan cara menanggapi mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata indikator prasiklus kemampuan mengungkapkan isi tanggapan sebesar 55 1 siklus I sebesar 65 98 siklus II sebesar 80 05. Pada aspek penggunaan bahasa Indonesia nilai rata-rata indikator prasiklus sebesar 55 06 siklus I sebesar 69 95 siklus II sebesar 81 62. Pada aspek cara menanggapi nilai rata-rata indikator prasiklus 56 62 siklus I sebesar 67 5 sedangkan siklus II sebesar 81 62. Peningkatan kemampuan menanggapi pembacaan puisi siswa pada tiap siklus diikuti dengan kemampuan peningkatan proses siswa yakni perhatian siswa keseriusan siswa keaktifan siswa dan rasa senang siswa ketika pembelajaran berlangsung. Peningkatan perhatian mencapai 93 75% yang perhatian terhadap pembelajaran menanggapi pembacaan puisi. Peningkatan keseriusan siswa mengalami peningkatan secara bertahap hingga mencapai 93 75 % yang telah benar-benar serius dalam belajar. Peningkatan keaktifan siswa mencapai 87 5% siswa yang aktif bertanya jawab pada pembelajaran menanggapi. Peningkatan rasa senang siswa sebesar 93 75%. Keseluruhan rata-rata kelas pada penilaian proses mencapai 92 1% dengan rata-rata peningkatan sebesar 23 92% . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya bisa menerapkan pembelajaran dengan menggunakan strategi trial by jury karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menanggapi. Disarankan kepada peneliti berikutnya yang melakukan penelitian yang sejenis diharapkan dapat mengembangkan strategi trial by jury sebagai dasar untuk melakukan penelitian lain secara lebih kreatif dengan mengembangkan keterampilan berbahasa yang lainnya. untuk meningkatkan kemampuan menanggapi pembacaan puisi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Trenggalek dengan menggunakan siswa kelas VII-A sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Prosedur penelitian tindakan ini meliputi (1) perencanaan penelitian ( ni siswa dibagi dalam beberapa peran sebagaimana dalam pengadilan. Peran-peran tersebut adalah jaksa pembela saksi jaksa saksi pembela panitera dan hakim. Pada strategi ini nanti siswa juga akan termotivasi dan fokus menyimak karena nanti yang menggunakan media rekaman. Kemampuan menanggapi pembacaan puisi perlu dikuasai dengan baik karena merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa SMP. Oleh karena itu peneliti tertarik merancang penelitian ini yaitu menggunakan strategi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |