Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara untuk siswa SMP kelas VIII berbasis pemecahan permasalahan / Septriza Kusumaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara untuk siswa SMP kelas VIII berbasis pemecahan permasalahan / Septriza Kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Septriza (2011) Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara untuk siswa SMP kelas VIII berbasis pemecahan permasalahan / Septriza Kusumaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa mencakup empat keterampilan yakni keterampilan mendengar/menyimak berbicara membaca dan menulis. Keempat aspek tersebut saling berkaitan serta tidak dapat berdiri sendiri dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya kegiatan membaca dikaitkan dengan menulis sedangkan kegiatan menyimak dikaitkan dengan berbicara. Pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara berbasis permasalahan ini menggunakan model pengembangan R2D2 recursive reflective instructional design and development (Willis 1995 Willis Wright 2000) yakni merupakan suatu model pengembangan didasari paradigma kontruktivistis. Model R2D2 terdiri atas tiga komponen yaitu (1) pendefinisian atau penetapan (define) (2) perancangan dan pengembangan (desain and development) dan (3) penyebarluasan (disseminate). Kegiatan pendefinisian mencakup tiga hal meliputi (i) pembentukan tim partisipatif (ii) pemecahan masalah berkelanjutan (iii) pemahaman konteks. Fokus desain dan pengembangan meliputi (i) pemilihan lingkungan pengembangan (ii) pemilihan media format (iii) pemilihan strategi dan evaluasi dan (iv) desain produk dan pengembangan. Setelah kegiatan desain dan pengembangan draf berakhir kegiatan selanjutnya yakni memfokuskan pada kegiatan penyebarluasan. Setelah melakukan revisi melalui masukan pakar draf tersebut telah menjadi produk akhir. Produk tersebut siap disebarluaskan untuk kepentingan pembelajaran keterampilan berbicara. Uji produk bahan ajar dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) uji pakar/ahli 2) uji guru 3) uji siswa. Uji produk dilakukan untuk mengetahui tingkat kesesuaian wujud dan komponen kesesuaian bahasa dan kemenarikan tampilan serta kelayakan penggunaan bahan ajar. Dari hasil uji produk diperoleh masukan yang berupa penilaian saran kritik yang kemudian dijadikan landasan untuk merevisi produk. Hasil uji yang dilakukan kepada pakar/ahli guru pengajar dan siswa diketahui bahwa dari segi kesesuaian wujud dan komponen bahan ajar sudah sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006 dari segi kesesuaian bahasa perlu perbaikan pada ejaan dan tanda baca dan pada kemenarikan tampilan tampilan sudah menarik tetapi perlu diperbanyak gambar. Dari segi kelayakan penggunaan bahan ajar sudah layak digunakan. Kajian produk yang direvisi dilakukan pada bagian pendahuluan isi dan penutup. Saran pemanfaatan produk bahan ajar ini bisa digunakan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII dan peneliti lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143109

Actions (login required)

View Item View Item