Pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa SMP Negeri 2 Pakisaji kelas VII C tahun ajaran 2010/2011 / Neny Ismartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa SMP Negeri 2 Pakisaji kelas VII C tahun ajaran 2010/2011 / Neny Ismartini

Ismartini, Neny (2011) Pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa SMP Negeri 2 Pakisaji kelas VII C tahun ajaran 2010/2011 / Neny Ismartini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran menulis pengalaman pribadi Keterampilan menulis pengalaman pribadi merupakan salah satu kompetensi dasar matapelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP. Menulis pengalaman pribadi didasarkan pada peristiwa-peristiwa yang pernah dialami seseorang artinya semakin banyak peristiwa yang pernah dialami semakin banyak pula tulisan pengalaman pribadi yang dapat dihasilkan. Terdapat tiga aspek penting yang harus diperhatikan dalam menulis pengalaman pribadi yaitu cara pengungkapan diri penggunaan bahasa yang baik dan penggunaan bahasa yang benar. Dibutuhkan media pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa SMP Negeri 2 Pakisaji kelas VII C dan (2) penilaian pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa SMP Negeri 2 Pakisaji kelas VII C. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus. Peneliti bertindak sebagai pengamat penuh pada pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Data penelitian ini berupa data kualitatif dari observasi dan wawancara yang meliputi data proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan instrumen pendukung adalah panduan wawancara dan pedoman observasi. Analisis data berupa penyeleksian data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk pengecekan keabsahan data adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian pembelajaran menulis pengalaman pribadi siswa SMP Negeri 2 Pakisaji kelas VII C meliputi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam dua kali pertemuan. Setiap pertemuan meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Pelaksanaan pembelajaran di kelas kurang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Guru menambahkan beberapa kegiatan dan metode dalam pembelajaran di kelas. Pertemuan pertama difokuskan pada tahap pramenulis dan tahap menulis pengalaman pribadi. Siswa mendapatkan materi menulis pengalaman pribadi antara lain pengungkapan deskriptif bahasa yang kontekstual dan ejaan dan tanda baca. Siswa menulis pengalaman pribadi dengan media foto berdasarkan kerangka yang telah dibuat. Guru membimbing siswa pada tahap pramenulis maupun tahap menulis. Pertemuan kedua difokuskan pada tahap pascamenulis yaitu menyunting tulisan pengalaman pribadi dan membacakan tulisan. Pada pertemuan kedua siswa mendapatkan materi penyuntingan tulisan. Siswa bersama teman sebangkunya menyunting tulisan pengalaman pribadi dibimbing oleh guru. Siswa ii membacakan tulisan pengalaman pribadinya di depan kelas. Siswa kurang berani saat mempublikasikan tulisan sehingga guru harus menunjuk siswa secara acak. Penilaian yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi adalah penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan selama proses pembelajaran mulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua. Aspek penilaian proses yang dilakukan guru adalah kerajinan keaktifan dan kerjasama. Penilaian hasil dilakukan guru setelah pembelajaran selesai pada tulisan pengalaman pribadi siswa. Guru menggunakan pedoman penilaian dalam penilaian hasil tulisan pengalaman pribadi. Aspek penilaian hasil yang dilakukan guru adalah pengungkapan secara deskriptif bahasa yang sesuai konteks penggunaan ejaan dan tanda baca dan kesesuaian kerangka dengan tulisan pengalaman pribadi. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan oleh guru matapelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk memperbaiki media foto yang digunakan dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi karena foto yang digunakan tidak mengandung gerak atau perbuatan. Guru matapelajaran bahasa dan sastra Indonesia diharapkan mampu memotivasi siswa agar lebih giat menulis pengalaman pribadi karena tulisan yang dihasilkan siswa hanya satu paragraf. Peneliti lain diharapkan dapat dapat mengembangkan bahan media maupun strategi pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Peneliti dapat menggunakan media dalam penelitian ini untuk diterapkan pada subjek penelitian yang berbeda. Lembaga pendidikan diharapkan dapat memfasilitasi sarana dan prasarana pembelajaran menulis pengalaman pribadi misalnya bahan pustaka dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143106

Actions (login required)

View Item View Item