Pengembangan bahan ajar menulis puisi baru sebagai pemodelan untuk siswa kelas X SMA / Artha Galuh Rahmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis puisi baru sebagai pemodelan untuk siswa kelas X SMA / Artha Galuh Rahmania

Rahmania, Artha Galuh (2011) Pengembangan bahan ajar menulis puisi baru sebagai pemodelan untuk siswa kelas X SMA / Artha Galuh Rahmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar menulis puisi baru pemodelan. Menulis puisi baru merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas X SMA. Melalui kegiatan menulis puisi siswa dapat mengembangkan kreativitas yang bersifat ilmiah maupun imajinatif untuk menghasilkan sebuah karya sastra yang dapat dinikmati pembaca. Pembelajaran menulis puisi menjadi pembelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Penyebab itu dipicu oleh beberapa hal yaitu lingkungan belajar yang kurang memadai belum tersedianya bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran rendahnya minat siswa untuk belajar menulis puisi kesulitan siswa untuk memunculkan ide menulis puisi dan strategi yang kurang tepat yang digunakan oleh guru. Bahan ajar dibutuhkan untuk mengatasi hambatan belajar dan mendukung kelancaran pembelajaran menulis puisi. Mengingat pentingnya bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis puisi bahan ajar menulis puisi baru perlu dikembangkan. Terdapat beberapa alasan yang mendasari pentingnya pengembangan bahan ajar ini yakni pertimbangan kebutuhan siswa akan sumber belajar dan tuntutan agar guru dapat memberikan materi pembelajaran yang berkualitas dalam pembelajaran yang dilakukan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah mengembangkan bahan ajar menulis puisi baru sebagai pemodelan untuk siswa kelas X SMA. Adapun tujuan khususnya adalah (1) mengembangkan deskripsi isi bahan ajar (2) mengembangkan sistematika penyajian bahan ajar (3) mengembangkan penggunaan bahasa bahan ajar dan (4) mengembangkan tampilan dan tata letak bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model desain pembelajaran Borg and Gall (1983). Berdasarkan model tersebut dalam penelitian ini terdapat empat tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap pra pengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan bahan ajar yang dilakukan pada tahap pra pengembangan. Selanjutnya produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yaitu melalui kelompok uji meliputi (1) ahli penulisan kreatif puisi (2) ahli pembelajaran sastra (3) guru bahasa Indonesia dan (4) uji kelompok kecil siswa yang terdiri atas 15 siswa. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan data nonverbal. Data verbal dibedakan menjadi data tulis dan data lisan. Data tulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian sedangkan data verbal lisan berupa informasi lisan ketika wawancara langsung dengan ketiga kelompok uji. Data nonverbal yakni berupa data numerik atau skor yang diperoleh dari hasil uji coba angket penilaian dari ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan sejumlah instrumen sebagai penunjang yakni kuesioner dan pedoman wawancara bebas. Analisis data hasil uji coba dianalisis dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasi data verbal tulis dan verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data serta merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan apakah harus direvisi atau diimplementasikan. Perbaikan dilakukan berdasarkan saran dan masukan dari ahli yang disampaikan secara lisan dan tulisan. Hasil uji bahan ajar dengan ahli penulisan kreatif puisi menunjukkan rata-rata kelayakan sebesar 82 84 % ahli pembelajaran sastra 83 33% guru Bahasa Indonesia 97 05% dan kelompok kecil siswa 88 21%. Keempat hasil uji tersebut menunjukkan bahan ajar tergolong layak dan siap diimplementasikan. Sekalipun demikian pada aspek-aspek tertentu juga dilakukan revisi. Data verbal dari ahli menitikberatkan pada deskripsi isi bahan ajar pada aspek latihan yang masih terlalu sulit untuk siswa dan materi penulisan puisi masih kurang memotivasi siswa untuk menulis. Data verbal lisan dari siswa adalah bahan ajar secara keseluruhan bagus tetapi masih kurang memotivasi mereka untuk menulis. Berdasarkan data verbal tersebut peneliti merevisi aspek latihan materi dan menambahkan kalimat-kalimat motivasi. Perbedaan hasil pengembangan produk bahan ajar menulis puisi baru dengan bahan ajar lain terletak pada penggunaan model-model atau contoh-contoh yang berhubungan dengan materi dan aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa yang bisa ditiru diadaptasi atau dimodifikasi. Adapun deskripsi isi bahan ajar menulis puisi baru meliputi (1) materi dan teori menulis puisi baru (2) contoh puisi baru (3) lembar kegiatan siswa yang berupa latihan-latihan (4) rangkuman dan refleksi dan (5) evaluasi kegiatan menulis puisi. Sistematika penyajian bahan ajar meliputi (1) pendahuluan (2) bagian inti dan (3) bagian penutup. Penggunaan bahasa dalam bahan ajar memperhatikan keterbacaan siswa tata bahasa yang benar struktur kalimat yang sederhana singkat jelas dan memotivasi. Tampilan dan tata letak bahan ajar memperhatikan jenis dan ukuran huruf penataan halaman dan ilustrasi isi. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah hasil uji bahan ajar menulis puisi baru menunjukkan bahwa produk bahan ajar tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan menggunakan bahan ajar ini pada pembelajaran menulis puisi baru sebagai salah satu alternatif sumber/bahan belajar bagi peserta didik. Selain guru siswa juga disarankan memanfaatkan bahan ajar ini dalam pembelajaran menulis puisi baru dengan memperhatikan petunjuk penggunaan dan mecermati setiap langkah-langkah pembelajaran menulis puisi baru dalam bahan ajar. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143105

Actions (login required)

View Item View Item