Pengembangan media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMA / Ismayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMA / Ismayanti

Ismayanti (2011) Pengembangan media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMA / Ismayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran apresiasi puisi multimedia interaktif Pada umumnya pembelajaran apresiasi puisi dilakukan secara monoton dan kurang menarik. Siswa tidak diajak menjelajahi dan menggauli keagungan nilai dalam puisi tetapi sekedar membaca dan mengaji puisi dari permukaannya saja. Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa buku teks. Media yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Melihat kenyataan zaman sekarang teknologi semakin canggih. Bahkan hampir semua siswa SMA memiliki laptop sebagai pengganti buku dan alat tulis. Oleh karena itu hendaknya para pendidik berupaya menyesuaikan teknik dan media pembelajaran dengan situasi yang semakin berkembang ini. Multimedia pembelajaran dipandang mampu menjawab masalah tersebut. Dengan bantuan multimedia yang dijalankan perangkat komputer pembelajaran akan lebih menarik efektif dan efisien mengingat multimedia memberikan sumbangan yang besar dalam pembelajaran. Pembelajaran yang menarik efektif dan efisien akan memberikan hasil yang maksimal. Pengembangan ini adalah upaya untuk mengembangkan sebuah produk yaitu media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif. adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan isi media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMA (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMA dan (3) mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMA. Pengembangan media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interakti merupakan penelitian prosedural yaitu memiliki langkah-langkah prosedur dalam membuat produk. Adapun langkah-langkah yang ditempuh peneliti dalam mengembangkan produk yaitu (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) merumuskan tujuan instruksional (3) pengembangan materi pelajaran (4) pengembangan alat evaluasi (5) penyusunan naskah (6) produksi (7) evaluasi dan revisi media. Materi yang disajikan dalam media ini yaitu materi tentang struktur fisik puisi yang meliputi definisi puisi dan apresiasi identifikasi struktur fisik puisi dan contoh analisis. Disertakan pula video pembacaan puisi dan biografi beberapa sastrawan dan penyair Indonesia. Materi dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dan rumusan tujuan instruksional. Uji coba produk melibatkan 3 responden yaitu ahli materi dan praktisi ahli media dan siswa. Uji coba lapangan dilaksanakan secara nonformal. Hal ini dikarenakan faktor waktu yang kurang mendukung yakni pada saat peneliti melakukan uji coba lapangan sekolah sedang libur kenaikan kelas. Oleh karena itu peneliti mengambil 15 siswa SMA sebagai responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu angket dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang dianalisis menggunakan persentase dan data kualitatif yang berupa deskripsi dan komentar dari para ahli dan siswa sebagai responden. Hasil validasi kelayakan dan kemenarikan media pada uji coba pertama yaitu uji ahli materi diperoleh skor 97 56%. Uji coba yang kedua yaitu uji ahli media. Dalam uji coba ini produk media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif memperoleh skor 89 4%. Uji coba yang terakhir yaitu uji coba lapangan. Dari hasil uji coba lapangan terhadap siswa diperoleh skor 96 49%. Produk pengembangan media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif ini secara keseluruhan memiliki rata-rata nilai 94 48% setelah divalidasi oleh ahli materi dan praktisi ahli media dan siswa dalam uji coba lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran apresiasi puisi di SMA. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran apresiasi puisi berbasis multimedia interaktif yang dikemas dalam Compact Disc (CD). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilaksanakan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada guru Bahasa Indonesia di SMA untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran apresiasi puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143104

Actions (login required)

View Item View Item