Peningkatan kemampuan menyimak dongeng dengan metode mind map melalui media animasi audiovisual kelas VII F MTs Lumajang / Luly Zahrotul Lutfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menyimak dongeng dengan metode mind map melalui media animasi audiovisual kelas VII F MTs Lumajang / Luly Zahrotul Lutfiyah

Lutfiyah, Luly Zahrotul (2011) Peningkatan kemampuan menyimak dongeng dengan metode mind map melalui media animasi audiovisual kelas VII F MTs Lumajang / Luly Zahrotul Lutfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan menyimak pembelajaran menyimak metode mind map melalui media animasi audiovisual peningkatan kemampuan menyimak Menyimak mempunyai peranan penting karena menyimak merupakan dasar untuk menguasai kemampuan berbahasa lainnya. Oleh karena itu penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran kemampuan menyimak dapat tercapai. Kenyataan di lapangan menunjukkan pembelajaran menyimak masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MTsN Lumajang kemampuan menyimak siswa masih rendah dan belum mencapai nilai standar yang ditetapkan sekolah tersebut terutama pada kemampuan menyimak hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan. Berdasarkan alasan tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode mind map melalui media animasi audiovisual dalam meningkatkan kemampuan menyimak dongeng (2) mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan metode mind map melalui media animasi audiovisual dalam menentukan hal menarik dari unsur dongeng yang meliputi(tokoh watak latar dan tema) (3) mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan metode mind map melalui media animasi audiovisual dalam menunjukkan hal menarik tentang relevansi tema dengan situasi sekarang (4) mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan metode mind map melalui media animasi audiovisual dalam menentukan hal menarik dalam dongeng dengan alasan yang logis (5) mendeskripsikan penerapan metode mind map melalui media animasi audiovisual dalam meningkatkan kemampuan menyimpulkan pesan dongeng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan 5 teknik yaitu (1) observasi (2) wawancara (3) tes (4) dokumentasi dan (5) catatan Lapangan. Metode Pembelajaran mind map melalui media animasi audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII F MTsN Lumajang. Berdasarkan hasil evaluasi siklus 1 dan siklus 2 dapat dibuktikan perolehan skor kumulatif terjadi peningkatan dan masing-masing aspek juga terjadi peningkatan kecuali pada aspek kemenarikan relevansi dongeng. Aspek pemahaman isi pada siklus 1 memperoleh persentase skor sebesar 82% dan siklus 2 sebesar 90% . Aspek kemenarikan unsur dongeng pada siklus 1 memperoleh persentase skor sebesar 34% dan siklus 2 sebesar 51% aspek kemenarikan relevansi dongeng siklus 1 memperoleh persentase skor sebesar 62% dan siklus 2 54% aspek mengungkapan hal-hal menarik dalam dongeng dengan alasan yang logis pada siklus 1 memperoleh persentase skor sebesar 74% dan siklus 2 sebesar i ii 87% aspek kesimpulan pesan dongeng siklus 1 memperoleh persentase skor sebesar 75% dan siklus 2 sebesar 79% dan skor kumulatif siswa siklus 1 memperoleh persentase skor sebesar 72% dan siklus 2 sebesar 80%. Pada hasil observasi juga terjadi peningkatan secara umum kondisi pembelajaran cukup kondusif. Situasi kelas dapat dikendalikan siswa merasa senang dengan metode mind map dan VCD dongeng yang digunakan sebagai media untuk menyimak dongeng. Minat siswa dalam mengikuti kegiatan menyimak dongeng cukup besar. Hal-hal yang disarankan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya meneliti penerapan metode pembelajaran mind map dalam upaya untuk meningkatkan aspek afektif siswa. Bagi guru Bahasa Indonesia hendaknya menerapkan metode pembelajaran mind map melalui media animasi audiovisual sebagai variasi metode pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143101

Actions (login required)

View Item View Item