Penerapan pendekatan SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-D SMP Negeri 20 Malang tahun 2010/2011 / Dwi Ayu Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-D SMP Negeri 20 Malang tahun 2010/2011 / Dwi Ayu Wulandari

Wulandari, Dwi Ayu (2011) Penerapan pendekatan SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-D SMP Negeri 20 Malang tahun 2010/2011 / Dwi Ayu Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan SAVI kemampuan membaca puisi Pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi empat aspek keterampilan salah satunya adalah keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan lain yang lebih tinggi. Pada kelas VII salah satu kompetensi membaca yang harus dicapai oleh siswa adalah kompetensi membaca puisi. Agar siswa mampu menjadi pembaca puisi yang baik maka dibutuhkan latihan yang berulang-ulang. Meskipun sebelumnya siswa telah banyak membaca karya sastra (puisi) namun tanpa kemampuan dan keterampilan yang terlatih kemungkinan besar pembacaan akan menjadi monoton. Penelitian ini dilaksanakan karena sebagian besar siswa kelas VII-D merasa tidak percaya diri atau malu ketika membacakan puisi di depan kelas. Skor rata-rata pada saat tes awal kemampuan membaca puisi siswa hanya 60 8 dan masih belum banyak upaya khusus yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI. Keunggulannya adalah pendekatan ini mencoba memanfaatkan semua indera pebelajar dan membuat seluruh tubuh/ pikiran terlibat secara aktif dalam proses belajar sehingga siswa memiliki rasa tanggung jawab dan percaya diri serta dapat membangun pengetahuannya sendiri. Peneliti bekerjasama dengan guru bidang studi merencanakan tindakan pembelajaran yang diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran membaca puisi sekaligus meningkatkan kemampuan siswa dalam hal membaca puisi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di kelas VII SMPN 20 Malang pada tanggal 23 Maret sampai dengan 27 April 2011. Subjek penelitian ini berjumlah 39 siswa dengan rincian 19 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi dan tes membaca puisi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara lembar catatan lapangan kamera dan rubrik penilaian. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan proses dan hasil kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-D SMPN 20 Malang. Peningkatan proses kemampuan membaca puisi terdiri dari 3 tahap yaitu tahap praperformansi performansi dan pascaperformansi. Pada tahap praperformansi dilakukan kegiatan (1) pemanasan sastra (2) menyimak model pembacaan puisi (3) membaca dalam hati (4) mencari makna atau isi puisi (5) memberi tanda pembacaan sastra dan (6) berlatih membaca puisi dengan teman sejawat. Pada tahap performansi dilakukan kegiatan (1) pemanasan (2) membaca puis di dalam kelompok (3) perwakilan kelompok membaca puisi di depan kelas dan (4) memberikan saran atau masukan terhadap pembacaan puisi yang dilakukan oleh teman sejawat. Pada tahap pascaperformansi dilakukan kegiatan (1) refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan (2) mengemukan kesulitan yang dialami (3) memberikan penghargaan pada penampilan terbaik. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan kemampuan membaca puisi pada aspek irama diketahui terjadi peningkatan siswa yang tuntas dengan kualifikasi sangat baik dan baik sebesar 82 05% (siklus I) meningkat menjadi 97 44% (siklus II). Pada aspek volume suara juga diketahui terjadi peningkatan siswa yang tuntas dengan kualifikasi sangat baik dan baik sebesar 87 18% (siklus I) meningkat menjadi 97 44% (siklus II). Pada aspek mimik juga diketahui terjadi peningkatan siswa yang tuntas dengan kualifikasi sangat baik dan baik sebesar 53 85% (siklus I) meningkat menjadi 79 49% (siklus II). Pada aspek kinesik juga diketahui terjadi peningkatan siswa yang tuntas dengan kualifikasi sangat baik dan baik sebesar 30 75% (siklus I) meningkat menjadi 76 92% (siklus II). Nilai penampilan siswa pada saat membaca puisi juga meningkat dari rata-rata 68 59 dengan siswa yang tuntas sebanyak 17 anak (43 59%) pada siklus I menjadi 80 13 dengan siswa yang tuntas sebanyak 32 anak (82 05%) pada siklus II. Dari peningkatan hasil belajar setiap siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan SAVI cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII-D SMP Negeri 20 Malang. Untuk lebih meningkatkan kemampuan tersebut diharapkan agar guru Bahasa Indonesia menciptakan sebuah skenario pembelajaran yang menyenangkan akan tetapi tetap menuntut keaktifan dan keberanian siswa untuk tampil di depan umum. Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis diharapkan agar memperhatikan penggunaan waktu selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143100

Actions (login required)

View Item View Item