Media interaktif berbasis audio visual untuk pembelajaran menyimak bahasa Jawa kelas VII SMP / Nikmatul Zuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Media interaktif berbasis audio visual untuk pembelajaran menyimak bahasa Jawa kelas VII SMP / Nikmatul Zuliana

Zuliana, Nikmatul (2011) Media interaktif berbasis audio visual untuk pembelajaran menyimak bahasa Jawa kelas VII SMP / Nikmatul Zuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Interaktif Pembelajaran Menyimak Dongeng Bahasa Jawa. Menyimak memiliki tujuan meresepsi pemahaman dari materi yang disimak. Untuk kepentingan tersebut materi harus didesain menarik agar indikator pembelajaran yang diinginkan tercapai dan siswa tertarik mempelajarinya. Untuk lebih meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menyimak bahasa daerah yang efektif dan efisien dibutuhkan media. Penggunaan media yang tepat dapat menimbulkan suasana pembelajaran menyimak bahasa daerah yang menyenangkan di dalam kelas. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu media untuk pembelajaran menyimak bahasa Jawa. Pembelajaran menyimak bahasa Jawa ini difokuskan pada pembelajaran menyimak dongeng bahasa Jawa pada siswa kelas VII SMP. Hal tersebut diharapkan mampu membantu guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Media yang dikembangkan bersifat interaktif sehingga siswa dapat mengoperasikan sendiri media tersebut sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang telah tertera dalam media. Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan produk media interaktif berbasis audio visual untuk menyimak dongeng. Selain itu juga untuk mendeskripsikan isi dan bahasa produk media yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan siswa. Media menyimak dongeng bahasa Jawa menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko dan krama. Produk akhir penelitian pengembangan ini berbentuk CD-Multimedia Interaktif. Rancangan penelitian ini meliputi 3 tahap yakni tahap prapengembangan pengembangan dan pascapengembangan. Sebelum diuji coba pada kelompok terbatas produk terlebih dahulu melalui tahap uji ahli oleh ahli materi guru dan ahli media untuk menilai dan memberi masukan pada produk media. Selanjutnya dilakukan revisi berdasarkan penilaian dan masukan dari uji ahli. Setelah produk direvisi dilakukan uji kelompok terbatas yaitu siswa kelas VII SMP 2 Malang yang berjumlah 24 siswa. Instrumen uji coba berupa angket yang berisi deskripsi pedoman penilaian. Hasil uji coba produk kepada ahli materi dan guru mengenai isi dan bahasa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sudah cukup layak. Kelayakan tersebut diperoleh dengan persentase 74 27%. Hasil uji coba produk kepada ahli media mengenai tampilan media juga menunjukkan bahwa produk media cukup layak dengan perolehan persentase 68 75%. Di samping itu hasil uji coba tampilan produk dari ahli materi dan guru diperoleh presentase 63 89% yang berarti bahwa media sudah cukup layak. Namun saran dan masukan dari ahli materi guru dan ahli media perlu dilaksanakan dalam bentuk revisi pada beberapa bagian isi bahasa dan tampilan media untuk lebih meningkatan kualitas produk media. Sedangkan hasil uji kelompok terbatas diperoleh persentase 82 41% untuk isi dan bahasa media. Sedangkan untuk tampilan produk media diperoleh persentase sebanyak 78 48%. Berdasarkan kriteria interpretasi produk media menyimak dongeng bahasa jawa sudah layak dari segi isi bahasa dan tampilan sehingga tidak perlu dilakukan revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143099

Actions (login required)

View Item View Item