Fatoni, Ahmad (2011) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kec. Pulung tahun ajaran 2010/2011 dengan metode permainan simulasi / Ahmad Fatoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci keterampilan berbicara bahasa Jawa krama model permainan simulasi Data yang diperoleh dari studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kec. Pulung Tahun Ajaran 2010/2011 masih rendah. Siswa belum mampu berbicara bahasa Jawa krama dengan baik dan menempatkan kosakata krama yang sesuai dengan unggah-ungguh basa. Oleh karena itu penerapan metode yang tepat dan menyenangkan dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kec. Pulung Tahun Ajaran 2010/2011 setelah penerapan metode permainan simulasi dan (2) adakah perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kec. Pulung Tahun Ajaran 2010/2011 setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan simulasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Jawa krama siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kec. Pulung Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menggunakan metode permainan simulasi dan (2) mendiskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kec. Pulung Tahun Ajaran 2010/2011 setelah proses belajar mengajar dengan metode permainan simulasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data berupa teknik deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk analisis perilaku siswa dan deskriptif kuantitatif untuk analisis keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama dari kemampuan awal saat pretes studi pendahuluan ke siklus I sebesar 16 36% siklus I ke siklus II sebesar 28 90 dan dari pretes studi pendahuluan ke siklus II sebesar 50%. Hasil analisis data observasi catatan lapangan dan wawancara menunjukkan adanya perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kec. Pulung Tahun Ajaran 2010/2011 yaitu siswa menjadi aktif dan bersemangat dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa krama. Selain itu dengan metode permaianan simulasi siswa menjadi paham bagaimana berbicara krama sesuai dengan unggah-ungguh basa. Dari hasil penelitian ini saran peneliti adalah penggunaan metode permainan simulasi dapat menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran berbicara sehingga perlu dipertimbangkan penggunaannya dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa khususnya berbicara bahasa Jawa krama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |