Rani, Defri Mustika (2011) Peningkatan kemampuan menyimak tembang pucung dan gambuh dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe cooperative script bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Batu / Defri Mustika Rani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh Cooperative Script Berdasar pada Standar Isi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2006 keterampilan menyimak telah diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMP/MTs. Siswa SD/MI hingga SMP/MTs diharapkan memiliki keterampilan menyimak dalam berbagai bentuk termasuk dalam menyimak tembang Pucung dan Gambuh. Meski telah dilaksanakan pembelajaran menyimak tembang Pucung dan Gambuh hasil pembelajaran menyimak di kelas tersebut kurang maksimal. Dari kegiatan studi pendahuluan diketahui adanya permasalahan dalam proses pembelajaran menyimak tembang Pucung dan Gambuh serta kelemahan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Batu dalam menyimak tembang Pucung dan Gambuh baik pada aspek jenis tembang macapat ciri-ciri isi dan amanat sehingga nilai yang diperoleh belum mampu mencapai standar keberhasilan yang disyaratkan yakni 75%. Untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan peneliti bekerjasama dengan guru mata pelajaran Bahasa Jawa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Batu merencanakan tindakan melalui penelitian dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Batu setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script baik pada jenis ciri-ciri isi maupun amanat. Dengan menggunakan Cooperative Script diharapkan kemampuan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Batu dalam menyimak tembang Pucung dan Gambuh mengalami peningkatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 8213 Juni 2011 di SMP Negeri 1 Kota Batu dengan subjek penelitian siswa kelas VIII E. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan siswa dalam menyimak tembang Pucung dan Gambuh. Data penelitian ini adalah data hasil wawancara rekaman aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan hasil karya siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru Bahasa Jawa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Batu. Berdasarkan hasil penilaian menyimak tembang Pucung dan Gambuh siswa dengan mengacu pada pedoman penskoran dan standar keberhasilan yang telah ditentukan diketahui bahwa pada tahap pretes yakni sebelum menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script rata-rata kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh siswa hanya mencapai 61 97% sehingga belum mampu mencapai standar keberhasilan yang disyaratkan. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Cooperative Script pada siklus I rata-rata kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh siswa mengalami peningkatan sebesar 3 84% sehingga mencapai 65 81%. Pada siklus II rata-rata kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh siswa mengalami peningkatan sebesar 13 13% dari siklus I sehingga mencapai 78 94%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script kemampuan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Batu dalam menyimak tembang Pucung dan Gambuh mengalami peningkatan sebesar 16 97% dan mampu mencapai standar keberhasilan yang disyaratkan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kota Batu pada setiap aspeknya. Setelah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh siswa mengalami peningkatan pada (1) aspek jenis dengan peningkatan sebesar 19 53% (2) aspek ciri-ciri dengan peningkatan sebesar 18 36% pada subaspek guru lagu guru gatra dan guru wilangan (3) aspek isi dengan peningkatan sebesar 20 12% pada subaspek penulisan tembang dan isi tembang Pucung dan Gambuh dan (4) aspek ajaran hidup dengan peningkatan sebesar 8 2%. Berdasarkan penelitian peningkatan kemampuan menyimak tembang Pucung dan Gambuh dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Batu guru mata pelajaran Bahasa Jawa disarankan (1) menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dalam pembelajaran menyimak tembang Pucung dan Gambuh (2) menggunakan langkah-langkah pembelajaran sebagaimana langkah-langkah pembelajaran menyimak tembang Pucung dan Gambuh dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dan (3) membimbing siswa untuk melakukan tahapan-tahapan dalam menghasilkan sebuah pemahaman setiap aspek yaitu jenis tembang macapat ciri-ciri isi dan ajaran hidup tembang Pucung dan Gambuh. Untuk peneliti lanjutan disarankan melaksanakan penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script untuk meningkatkan kemampuan siswa pada keterampilan menyimak yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |