Peningkatan kemampuan menjawab dan mengajukan pertanyaan melalui metode bisajawab pada siswa kelas IIIB SD Negeri Kandangan I Kediri / Dwi Nur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menjawab dan mengajukan pertanyaan melalui metode bisajawab pada siswa kelas IIIB SD Negeri Kandangan I Kediri / Dwi Nur Rohmah

Rohmah, Dwi Nur (2011) Peningkatan kemampuan menjawab dan mengajukan pertanyaan melalui metode bisajawab pada siswa kelas IIIB SD Negeri Kandangan I Kediri / Dwi Nur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode BISAJAWAB menjawab pertanyaan mengajukan pertanyaan kemampuan membaca Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa kelas IIIB SDN Kandangan I Kediri. Salah satunya adalah membaca intensif suatu artikel pendek. Membaca intensif perlu dibiasakan kepada siswa sejak duduk di bangku kelas rendah. Melalui membaca intensif siswa dapat mengetahui ide pesan maupun isi artikel secara menyeluruh sehingga dapat dituangkan ke dalam bentuk tulisan seperti mengajukan dan menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IIIB SDN Kandangan I Kediri sebagian besar siswa belum mampu membaca intensif dengan tepat sehingga banyak kendala yang dihadapi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kendala-kendala tersebut (1) siswa belum mampu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai dengan isi artikel yang dibaca secara intensif (2) pertanyaan yang diajukan oleh siswa cenderung pada hal-hal yang bukan berkenaan dengan isi artikel yang dibaca (3) siswa sering kesulitan jika guru mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan seputar isi artikel yang dibaca (4) para siswa juga kesulitan untuk menemukan kalimat utama yang menjadi tolak ukur pemahaman siswa terhadap isi artikel yang dibaca secara intensif (5) jawaban dari pertanyaan guru tidak sesuai dengan kunci jawaban sehingga hasil belajar siswa di bawah KKM. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB SDN Kandangan I Kediri yang terdiri atas 45 siswa. Analisis data kualitatif menunjukkan bahwa melalui metode BISAJAWAB siswa antara lain (1) dapat membaca intensif dengan tanpa bersuara dan tidak menggeleng-gelengkan kepala (2) dapat termotivasi untuk mengajukan pertanyaan literal secara cepat (3) dapat berkompetisi secara sehat dengan siswa lain dalam mengikuti kuis bertanya cepat dapat (4) dapat konsentrasi teliti dan tepat dalam menjawab pertanyaan (5) dapat menggali pembendaharaan kosakata siswa dalam menentukan variasi pertanyaan yang akan diajukan dan (6) dapat berpikir aktif dalam mengajukan pertanyaan kritis. Analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa skor penilaian rata- siswa pada siklus I sebesar 51 59 dengan presentase klasikal 18 17% sehingga siklus I belum dikatakan berhasil karena ketuntasan belajar klasikal siswa belum bisa mencapai standar ketuntasan klasikal pada pembelajaran bahasa Indonesia sebesar 75% seperti yang ditentukan oleh sekolah yang bersangkutan. Presentase ketuntasan pada siklus II sebesar 89 29%. Pada siklus II skor penilaian rata-rata siswa sebesar 62 86 dengan ketutasan klasikal 38 63%. Meskipun siklus II mengalami peningkatan tetapi siswa belum mencapai KKM. Perubahan drastis terjadi pada siklus III. Pada siklus III skor penilaian rata-rata sebesar 89 76 dengan presentase klasikal sebesar 100%. Dengan demikian presentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sampai siklus III mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar ini terjadi karena siswa sudah mampu membaca intensif untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan dengan tepat cepat logis dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143096

Actions (login required)

View Item View Item