Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video klip musik pop untuk siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Yossy Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video klip musik pop untuk siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Yossy Firmansyah

Firmansyah, Yossy (2011) Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video klip musik pop untuk siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Yossy Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan menulis pembelajaran menulis media video klip Dalam kegiatan belajar mengajar menulis mempunyai peranan penting karena menulis merupakan dasar untuk menguasai kemampuan berbahasa lainnya. Oleh karena itu penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran kemampuan menulis dapat tercapai. Akan tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan pembelajaran menulis masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Malang kemampuan menulis siswa masih rendah dan belum mencapai nilai standar yang ditetapkan sekolah tersebut terutama pada kemampuan menulis naskah drama. Berdasarkan alasan-alasan tersebut penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Malang menggunakan media video klip. Penggunaan media video klip diharapkan dapat menambah minat dan semangat siswa dalam belajar siswa tentang menulis naskah drama sehingga pembelajaran menulis dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Manfaat penelitian ini adalah membantu siswa dalam mengatasi kesulitan pembelajaran khususnya menulis naskah drama memotivasi siswa untuk belajar dan melatih siswa melakukan kegiatan menulis secara efektif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa tes observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian kemampuan menulis naskah drama siswa pada kemampuan awal siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan pada tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis. Penggunaan media video klip pada tahap pramenulis dikategorikan sangat baik sebesar 82 7% siswa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kerangkan naskah drama. Penggunaan media video klip pada tahap menulis dikategorikan sangat baik sebesar 95 6% siswa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat naskah drama dengan mengembangkan kerangka naskah drama menjadi naskah drama yang utuh dan padu. Penggunaan media video klip pada tahap pascamenulis dikategorikan sangat baik sebesar 100% siswa dapat memberikan komentar terhadap naskah drama milik temannya. Peningkatan kemampuan menulis naskah drama pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku positif siswa.. Dari hasil penelitian ini saran yang disampaikan peneliti adalah penggunaan media video klip dapat menumbuhkan minat dan ketertaikan siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama sehingga perlu dipertimbangkan penggunaannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143095

Actions (login required)

View Item View Item