Peningkatan kemampuan membawakan acara menggunakan metode pembelajaran think pair contest (TPC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambeng Kabupaten Lamongan / Deni Nir Lita Furi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membawakan acara menggunakan metode pembelajaran think pair contest (TPC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambeng Kabupaten Lamongan / Deni Nir Lita Furi

Furi, Deni Nir Lita (2011) Peningkatan kemampuan membawakan acara menggunakan metode pembelajaran think pair contest (TPC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambeng Kabupaten Lamongan / Deni Nir Lita Furi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan Membawakan Acara Kemampuan Berbicara Metode Pembelajaran Think Pair Contest (TPC). Membawakan acara adalah tugas memandu dan mengatur jalannya sebuah acara agar berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Salah satu keterampilan berbicara yang diajarkan pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun. Pada pelaksanaan pembelajaran membawakan acara di kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambeng ratarata kemampuan siswa dalam membawakan acara masih kurang. Rasa percaya diri siswa yang kurang penggunaan bahasa yang baik dan benar yang kurang dan metode yang guru gunakan saat menagajar berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam membawakan acara karena metode yang digunakan masih membosankan serta kurang bervariasi. Rendahnya kemampuan dalam membawakan acara ini dialami oleh siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambeng yang rata-rata siswanya pasif. Berdasarkan hal itulah maka perlu diberikan metode pembelajaran yang tepat agar kemampuan siswa dalam membawakan acara dapat meningkat. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membawakan acara siswa di sini adalah metode Think Pair Contest (TPC). Penelitian ini adalah jenis penelitan tindakan kelas. Prosedur penelitian tindakan meliputi (1) studi pendahuluan untuk mengidentifikaski masalah pembelajaran berbicara di sekolah (2) rencana tindakan (3) pelaksanan tindakan (4) pengamatan (5) refleksi dan (6) hasil tindakan. Data peneltian ini bersumber dari hasil penelitian siklus I dan II. Analisis data dilakukan dengan (1) seleksi data yang terkumpul (2) pensekoran data dan (3) penyimpulan data. Peneliti dapat mengetahui keberhasilan tindakan berdasarkan aspek yang dinilai. Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambeng dalam membawakan acara setelah diterapkannya metode Think Pair Contest (TPC) mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pada siklus I kemampuan siswa dalam memahami isi teks nilai total ratarata siswa mencapai 41 2%. Pada siklus II presentase rata-rata siswa meningkat menjadi 88 2%. Rincian presentase rata-rata tiap aspeknya yakni pada aspek kesesuaian isi susunan acara dengan sistematika acara siklus I mencapai 76% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94 1%. Pada aspek sikap dan penampilan yang baik dan santun dalam membawakan acara pada siklus I presentase rata-rata siswa hanya mencapai 50%. Pada siklus II presentase rata-rata siswa meningkat menjadi 85 3%. Pada aspek penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam membawakan acara nilai siswa siklus I rata-rata mencapai 35 5%. Pada siklus II presentase rata-rata siswa meningkat menjadi 79 4%. Pada aspek penggunaan bahasa yang santun presentase rata-rata siswa pada siklus I mencapai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143092

Actions (login required)

View Item View Item