Hubungan membacakan cepat dengan kecepatan membaca dan pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung / Ratna Dupitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan membacakan cepat dengan kecepatan membaca dan pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung / Ratna Dupitasari

Dupitasari, Ratna (2011) Hubungan membacakan cepat dengan kecepatan membaca dan pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung / Ratna Dupitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Membacakan Cepat Kecepatan Membaca Pemahaman Membacakan cepat adalah membaca yang dilakukan dengan menyuarakan kata per kata disertai dengan pemahaman serta dihitung kecepatannya. Membaca cepat adalah membaca yang dilakukan dengan cepat untuk mendapatkan pemahaman yang efektif. Pemahaman diperlukan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan terhadap bacaan yang telah dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan membacakan cepat dengan kecepatan membaca dan pemahaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan membacakan cepat (X) dan variabel terikat adalah kecepatan membaca (Y1) pemahaman isi bacaan (Y2). Jenis penelitian yang digunakan adalah regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa regular kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung yang berjumlah 322 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sample. Kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas VIIIA sebanyak 40 siswa. Hipotesis penelitian berbunyi terdapat hubungan membacakan cepat dengan kecepatan membaca dan terdapat hubungan membacakan cepat dengan pemahaman teks. Langkah-langkah penelitian sebagai berikut. Pertama peneliti menentukan kelas yang akan digunakan sebagai sampel populasi. Kedua pemberian tes kemampuan membacakan cepat dan menghitung kecepatan membaca. Ketiga pemberian tes pemahaman teks bacaan yang telah dibaca. Data dalam penelitian ini terdiri atas tiga data yaitu (1) skor membacakan cepat (2) skor kecepatan membaca dan (3) skor pemahaman isi bacaan. Melalui penelitian ini dihasilkan kesimpulan. Pertama nilai sig sebesar 0 000 lebih kecil 0 05 dan nilai Adjusted R Squere sebsesar 0 380 sehingga hipotesis hubungan membacakan cepat dengan kecepatan membaca diterima. Kedua nilai sig sebesar 0 045 lebih kecil 0 05 dan Adjusted R Squere sebesar 0 78 sehingga hipotesis hubungan membacakan cepat dengan pemahaman isi bacaan diterima. Hal-hal yang disarankan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya memperbanyak variabel yang digunakan untuk penelitian selanjutnya agar data yang dihasilkan lebih beragam dan tentunya akan lebih valid. Bagi guru bahasa Indonesia hendaknya melaksanakan tes kemampuan membacakan cepat kepada siswa agar kecepatan membaca siswa meningkat dan disertai dengan pemahaman yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143091

Actions (login required)

View Item View Item