Puspita, Intan Anggar (2011) Validitas isi materi pembelajaran apresiasi prosa dalam buku teks bahasa dan bersastra Indonesia untuk SMP terbitan Depdiknas berdasarkan penilaian guru / Intan Anggar Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci validitas apresiasi prosa materi Buku teks memegang peranan penting dalam proses belajar-mengajar termasuk pada pengajaran bahasa Indonesia baik untuk guru maupun peserta didik. Pemilihan dan penggunaan buku teks harus dipertimbangkan agar memberikan sumbangan yang bermakna dalam pembelajaran. Buku yang dipilih harus buku yang memenuhi standar kualitas yang baik yaitu baik dari segi materi penyajian materi dan bahasa Setiap tahun ajaran baru cenderung dibarengi dengan buku pelajaran baru. Buku-buku terebut berasal dari penerbit-penerbit swasta maupun buku yang diterbitkan oleh pemerintah. Buku yang diterbitkan oleh pemerintah berupa Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dapat diakses oleh siapa saja. Buku Sekolah Elektronik (BSE) telah dinyatakan lulus penilaian dan dinyatakan valid oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Oleh karena itu banyak sekolah yang menggunakan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah validitas isi materi pembelajaran apresiasi prosa dalam buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk SMP terbitan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Validitas isi tersebut dibagi dan berdasarkan penilaian dari guru pada aspek relevansi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) keakuratan teori pembelajaran apresiasi prosa keruntutan penyajian pembelajaran apresiasi prosa kebervariasian pembelajaran apresiasi prosa keterampilan pembelajaran apresiasi prosa dan bahasa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey kuantitatif. Data utama dalam penelitian ini adalah skor hasil penilaian guru bahasa Indonesia terhadap buku teks bahasa Indonesia yang dilihat dari aspek relevansi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) keakuratan teori pembelajaran apresiasi prosa keruntutan penyajian pembelajaran apresiasi prosa kebervariasian pembelajaran apresiasi prosa keterampilan pembelajaran apresiasi prosa dan bahasa. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar kelas VII VIII dan IX. Sumber data dipilih dan ditentukan dengan kriteria-kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa panduan penilaian yang berfungsi untuk mengukur hasil penilaian guru terhadap aspek relevansi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) keakuratan teori pembelajaran apresiasi prosa keruntutan penyajian pembelajaran apresiasi prosa kebervariasian pembelajaran apresiasi prosa keterampilan pembelajaran apresiasi prosa dan bahasa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penskoran terhadap aspek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil penghitungan skor secara keseluruhan pada masing-masing aspek. Untuk masing-masing aspek diperoleh hasil penghitungan sebagai berikut (1) validitas isi materi apresiasi prosa dikaji dari aspek relevansi dengan KTSP dapat diimplementasikan karena hasil penghitungan skor kelas VII mencapai 75 8% kelas VIII mencapai 85% dan kelas IX mencapai 81 6% (2) validitas isi materi apresiasi prosa dikaji dari keakuratan teori dapat diimplementasikan karena hasil penghitungan skor kelas VII mencapai 64 1% kelas VIII mencapai 80% dan kelas IX mencapai 77 5% (3) validitas isi materi apresiasi prosa dikaji dari keluasan dan kedalaman isi dapat diimplementasikan karena hasil penghitungan skor kelas VII mencapai 56 6% kelas VIII mencapai 74 2% dan kelas IX mencapai 78 3% (4) validitas isi materi apresiasi prosa dikaji dari keruntutan penyajian masih lemah karena hasil penghitungan skor kelas VII mencapai 53 3% kelas VIII mencapai 79 2% dan kelas IX mencapai 71 6% (5) validitas isi materi apresiasi prosa dikaji dari kebervariasian penyajian masih lemah karena hasil penghitungan skor kelas VII mencapai 37 5% kelas VIII mencapai 45% dan kelas IX mencapai 60 8% (6) validitas isi materi apresiasi prosa dikaji dari keterampilan dapat diimplementasikan karana hasil penghitungan skor kelas VII mencapai 68 8% kelas VIII mencapai 80% dan kelas IX mencapai 57 5% dan (7) validitas isi materi apresiasi prosa dikaji dari bahasa dapat diimplementasikan karena hasil penghitungan skor kelas VII mencapai 80% kelas VIII mencapai 80% dan kelas IX mencapai 80%. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan peneliti yaitu (1) guru bahasa Indonesia hendaknya dapat memberikan pertimbangan untuk memilih materi khususnya pada pembelajaran apresiasi prosa dalam buku teks yang akan digunakan (2) penulis hendaknya dapat memberikan metode belajar dan bahan pengajaran yang lebih banyak dan bervariasi sehingga menjadi pilihan bagi pengguna buku dan (3) penerbit hendaknya dapat memberikan buku-buku yang memiliki kualifikasi yang baik sehingga memiliki konstribusi besar dalam penguatan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |