Pengembangan bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA / Anik Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA / Anik Purwati

Purwati, Anik (2011) Pengembangan bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA / Anik Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Penelitian Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran menulis laporan penelitian berdasarkan penelitian pada prapengembangan mengalami beberapa masalah. Permasalahan-permasalahan tersebut yakni pada pembelajaran menulis laporan penelitian guru terpaku pada buku teks dan diketahui bahwa pembahasan di dalam buku teks mengenai laporan penelitian sangat sedikit. Permasalahan lain yang muncul pada siswa adalah (1) siswa kesulitan untuk menuangkan ide-ide mereka ke dalam laporan penelitian (2) siswa belum paham sistematika menulis laporan penelitian yang benar dan (3) siswa kurang tertarik terhadap materi menulis laporan penelitian. Permasalahanpermasalahan tersebut harus dipecahkan agar siswa dapat mencapai indikator pembelajaran yang diharapkan. Agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan siswa pun bersemangat dalam menulis laporan penelitian maka peneliti mengembangkan bahan ajar yang menarik dan dikolaborasikan dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran menulis laporan penelitian. Berdasarkan paparan pada bagian latar belakang tersebut maka tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA yang sesuai dengan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan siswa yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengembangkan isi bahan menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA (2) mengembangkan sistematika bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA (3) mengembangkan bahasa bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA (4) mengembangkan tampilan bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI SMA. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas digunakan model penelitian pengembangan yang telah dimodifikasi dari model pengembangan Borg dan Gall Sukmadinata dan Sugiyono. Berdasarkan model tersebut dalam penelitian ini ada 3 tahap pengembangan yang dilakukan yakni (1) prapengembangan (2) pengembangan dan (3) tahap uji produk. Untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar pada penelitian ini dilakukan uji produk yang melalui tiga kelompok uji yakni (1) uji ahli pembelajaran menulis laporan penelitian (2) uji ahli menulis bahan ajar (3) uji ii praktisi yakni guru bahasa Indonesia kelas XI SMA dan (4) uji kelompok kecil siswa kelas XI SMA. Data dalam penelitian ini berupa data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian sedangkan data verbal lisan berupa informasi lisan ketika wawancara langsung dengan kelompok uji. Hasil wawancara selanjutnya ditranskripkan agar dapat dianalisis. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai human instrument. Sebagai instrumen penunjang digunakan angket penilaian dan pedoman wawancara bebas. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskripsikan data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasikan data verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindakan terhadap produk yang dikembangkan apakah implementasi revisi atau diganti. Dari uji bahan ajar dengan ahli pembelajaran menulis laporan penelitian rata-rata adalah 75% ahli menulis bahan ajar 83 3% guru bahasa indonesia 100% dan siswa 96%. Hasil uji dengan ahli pembelajaran menulis laporan penelitian tergolong layak dan dapat diimplementasi namun ada beberapa bagian dari bahan ajar yang perlu direvisi seperti tinjauan kompetensi penggunaan bahan ajar ringkasan materi dan penambahan halaman glosarium. Menurut ahli pembelajaran menulis bahan ajar produk tergolong layak dan dapat diimplementasi dan disarankan untuk mengganti tampilan halaman sampul agar tidak mencolok. Guru bahasa Indonesia dan siswa menunjukkan bahan ajar tergolong layak dan siap diimplementasikan. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dari hasil uji menunjukkan bahwa produk bahan ajar tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan saran dari beberapa pihak. Bagi siswa bahan ajar ini dapat menjadi alternatif untuk pembelajaran menulis laporan penelitian. Bagi guru dapat menyusun bahan ajar secara mandiri dan lebih kreatif. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Dengan menggunakan bahan ajar menulis laporan penelitian dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek ini diharapkan pembelajaran menulis laporan penelitian lebih menarik dan siswa lebih bersemangat untuk menulis laporan penelitian. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143087

Actions (login required)

View Item View Item