Peningkatan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen dengan menggunakan metode STAD (Students Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin Malang Ardini Indah Tri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen dengan menggunakan metode STAD (Students Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin Malang Ardini Indah Tri Lestari

Lestari, Ardini Indah Tri (2011) Peningkatan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen dengan menggunakan metode STAD (Students Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin Malang Ardini Indah Tri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci nilai moral cerpen metode STAD Menemukan nilai moral merupakan salah satu keterampilan bidang apresiasi sastra. Melalui pembelajaran keterampilan tersebut diharapkan dapat terbentuk kepribadian siswa. Kandungan ajaran moral akan dapat mengajarkan pembaca bagaimana bertingkah laku yang baik guna membentuk kepribadian yang berakhlak. Akan tetapi kenyataan dilapangan menunjukkan pembelajaran menemukan nilai moral pada cerpen merupakan salah satu genre sastra yang kurang diminati siswa. Berdasar hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Shalahuddin Malang hal ini disebabkan karena kecendrungan siswa membaca cerpen hanya sekedar tugas dari guru. Jadi saat membaca cerpen mereka tidak mencermati dengan baik bagaimana hubungan antara peristiwa yang satu dengan peristiwa lainnya bagaimana perilaku yang muncul dari tokoh pada tiap tahapan alur. Beberapa permasalahan yang dihadapi siswa dalam menemukan nilai moral harus segera diatasi. Salah satunya dengan mengganti metode pembelajaran yang lebih membuat siswa aktif dan kreatif di dalam kegiatan pembelajaran. Melalui penelitian tindakan kelas ini siswa diperkenalkan dengan metode STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen dengan menggunakan metode STAD pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin Malang pada tahap presentasi mengidentifikasi alur mendata peristiwa mendata kutipan-kutipan yang menunjukkan perilaku yang mengandung nilai moral menyimpulkan nilai moral tiap alur menyimpulkan nilai moral cerita (2) peningkatan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen dengan menggunakan metode STAD pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin Malang pada tahap kerja kelompok (3) peningkatan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen dengan menggunakan metode STAD pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin Malang pada tahap tes individu (4) Peningkatan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen dengan menggunakan metode STAD pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin Malang pada tahap penghargaan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam menemukan nilai moral mengalami peningkatan setelah diterapkan metode STAD. Peningkatan meliputi peningkatan proses yang diindikasikan dengan keadaan pembelajaran yang kondusif siswa berkonsentrasi antusias dan aktif. Peningkatan hasil meliputi peningkatan siswa dalam menerapkan langkah-langkah menemukan nilai moral yang terdiri dari (1) mengidentifikasi alur (2) mendata peristiwa (3) mendata kutipan-kutipan yang menunjukkan perilaku yang mengandung nilai moral (4) menyimpulkan nilai moral tiap alur dan (5) menyimpulkan nilai moral cerita. Peningkatan hasil pada siswa antara lain siswa telah mampu ii mengidentifikasi alur cerita dengan tepat mendata peristiwa yang menunjukkan sikap dan perilaku tokoh menemukan perilaku tokoh yang tergambar dari dialog tokoh tindakan tokoh perasaan tokoh pikiran tokoh komentar tokoh lain komentar pengarang menyimpulkan nilai moral tiap alur berdasar perilakuperilaku yang telah didata menyimpulkan nilai moral cerita berdasar nilai moral tiap alur dan menghubungkan judul cerpen dengan nilai moral yang terkandung didalamnya. Akan tetapi peningkatan tidak terjadi pada seluruh siswa karena nilai beberapa siswa masih di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menemukan nilai moral dengan menggunakan metode STAD pada siswa kelas X-2 SMA Shalahuddin hanya mampu menuntaskan beberapa siswa. Pada siklus I maupun siklus II presentasi ketuntasan siswa kurang dari 75%. Hal ini disebabkan kurang optimalnya kegiatan pembelajaran selama tahapan-tahapan STAD dilakukan. Oleh karenanya kegiatan pembelajaran perlu disempurnakan lagi dengan memperbaiki RPP selain itu metode STAD perlu divariasikan dengan pola pengajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143085

Actions (login required)

View Item View Item