Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan memanfaatkan peristiwa dramatik dalam berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Erina Restia Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan memanfaatkan peristiwa dramatik dalam berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Erina Restia Utami

Utami, Erina Restia (2011) Peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan memanfaatkan peristiwa dramatik dalam berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Erina Restia Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan kemampuan menulis menulis naskah drama peristiwa dramatik dalam berita Pembelajaran menulis naskah drama adalah salah satu pembelajaran yang mengajak siswa berpikir kreatif untuk menghasilkan sebuah karya sastra yaitu naskah drama. Dalam hal ini siswa dituntut untuk menuangkan dan mengembangkan ide kreatifnya dalam bentuk tulisan. Karena tanpa dituliskan ide kreatif itu akan hilang begitu saja dan tidak berbekas. Salah satu faktor kurangnya minat siswa dalam menulis naskah drama adalah karena guru tidak menemukan metode atau media yang tepat untuk pengajaran menulis naskah drama. Hal ini membuat perolehan nilai siswa dalam menulis naskah drama sangat kurang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam konteks penelitian tindakan kelas istilah tindakan dipahami sebagai aktivitas yang dirancang dengan sistematis untuk menghasilkan adanya peningkatan suatu perbaikan dalam proses pembelajaran dan praktik pendidikan dalam kondisi kelas tertentu. Dalam pelaksanaan PTK ada 4 hal pokok yang harus diperhatikan yaitu (a) perencanaan tindakan (b) pelaksanaan tindakan (c) pengamatan (observasi) dan (d) refleksi. Keempat aspek tersebut saling terkait dan berkesinambungan. Hasil belajar siswa dalam menulis naskah drama dengan memanfaatkan peristiwa dramatik dalam berita meliputi penilaian proses yaitu mengembangkan unsur berita menjadi unsur drama dan menyusun kerangka naskah berdasarkan unsur berita yang telah dikembangkan menjadi unsur drama dan penilaian hasil yaitu menulis naskah drama yang utuh berdasarkan kerangka naskah yang disusun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama dengan memanfaatkan peristiwa dramatik dalam berita terbukti mampu meningkatkan kemampuan proses dan hasil menulis naskah drama siswa. Saran pemanfaatan peristiwa dramatik dalam berita ini bisa digunakan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII dan peneliti lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143079

Actions (login required)

View Item View Item